Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara mengimbau masyarakat untuk terus membawa persediaan air minum yang cukup apalagi ketika membawa balita, dampak dari perubahan iklim di Indonesia sejak beberapa pekan terakhir.

Pinto menyebut beberapa pekan lalu hingga hari ini Indonesia mengalami suhu panas yang meningkat hingga mencapai angka 36-37 derajat celcius. Adanya perubahan iklim yang terjadi akibat kerusakan lingkungan.

"Memang cuaca seperti ini tidak bisa kita elakkan karena terjadinya perubahan iklim serta pada bulan Mei mendatang akan masuk musim kemarau. Jadi saya mengimbau masyarakat untuk berhati-hati, selalu sedia air apa lagi yang membawa balita ketika dalam perjalanan," kata Pinto.

Menurutnya cuaca panas seperti saat ini bisa menyebabkan heat stroke atau sakit serangan panas atau kelelahan karena panas dapat memicu berbagai gejala berbahaya. Antara lain sakit kepala, pusing, mual dan kehilangan kesadaran.

Di samping itu, Waka DPRD Provinsi Jambi ini juga mengatakan akibat cuaca ekstrem ini,ada beberapa wilayah di Provinsi Jambi telah terdeteksi hotspot.

"Menurut informasi dari BMKG Jambi ada 193 titik hotspot di wilayah sebaran Provinsi Jambi seperti Tanjungjabung Barat, Merangin, Sarolangun dan kabupaten lainnya," katanya menambahkan.***


 

Pewarta: Dodi

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023