Duta Genre di daerah memiliki peran penting membantu pemerintah daerah dalam menurunkan angka stunting di daerahnya masing-masing, sehingga angka stuting di daerah akan terus berkurang.

Dalam rangka percepatan penurunan stunting dan realisasi kampung Keluarga Berkualitas (KB) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi maka peran duta Genre mulai dari tingkat desa/kelurahan hingga provinsi sangat diharapkan bisa maksimal, kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Dr Munawar Ibrahim di Jambi, Sabtu.

Hal itu disampaikan nya pada acara pengukuhan duta Genre di Kota Sungai Penuh, dimana Wawako Sungai Penuh Alvia Santoni mengatakan Kota Sungai Penuh memiliki komitmen yang sama dan data yang sudah valid dalam angka prevalensi stunting.

"Kita memiliki komitmen yang sama dan data yang sudah valid seperti temuan ibu hamil beresiko dan anak-anak yang diharapkan mereka ini hanya berisiko dan tidak terkait stunting," katanya.

Melalui duta Genre diharapkan bisa menjadi corong untuk mensosialisasikan dan jangan berprilaku tidak baik serta jauh dari narkoba, bebas dari sex dan jangan sampai nikah dini dan Pemkot Sungai Penuh juga berharap dengan dikukuhkan nya duta Genre ini saudara saudari menjadi publik figure dan menjadi contoh untuk generasi muda yang ada di desa masing-masing.

“Kalau generasi muda ini tidak kita siapkan dengan baik, maka benar kata pak Munawar, generasi kita akan menjadi generasi yang lambat loading," katanya.

Duta Genre perwakilan dari desa yang sudah dilantik ini merupakan pertamakali nya setiap desa memiliki duta Genre yang sangat representatif karena di usia adik-adik inilah yang akan menjadi pemain penting dalam masa bonus demografi 2035.

"Semoga remaja di Kota Sungai Penuh menjadi remaja terbaik di kota manapun, karena sudah dipersiapkan dengan matang dan saya percaya Kota Sungai Penuh akan moderat untuk menurunkan prevelensi stunting dengan sangat baik," kata Munawar.

Sementara Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sungai Penuh Zulfitri menyampaikan adapun peserta duta Genre Sungai Penuh ada sebanyak 138 orang dimana setiap desa atau kelurahan mengirimkan dua orang.

 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023