Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi Arif Munandar mengatakan stok blanko E- KTP masih cukup dan jangan khawatir kehabisan.

"Saat ini stok blanko E-KTP, baik ditingkat kabupaten maupun kota di Provinsi Jambi cukup, minimal ada 2.000 lembar blanko di setiap kantor Dukcapil di kabupaten maupun kota," kata Arif Munandar, di Jambi Senin.

Pihak Dinsosdukcapil Provinsi Jambi telah memberikan stok blangko E-KTP ke setiap kabupaten maupun kota sesuai dengan permintaan yang masuk. Artinya, berapa mereka minta dikirimkan sehingga berapa stok blanko yang ada di Dinsosdukcapil Provinsi Jambi saat ini cukup.

Arif mengatakan setidaknya ada 20.000 lembar blangko E-KTP yang tersedia. Pihaknya selalu mengantisipasi stok blanko jika akan habis di kabupaten dan kota dimana dengan mengirimkan permintaan penambahan blanko ke Pusat melalui Dirjen Disdukcapil.

Sementara itu Dinas Sosial dan Pendudukan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi juga mencatat, menjelang Pemilu 2024, jumlah pemilih pemula sebanyak 62 ribu sedangkan yang baru melakukan rekam data KTP bagi pemula baru mencapai lima persen.

"Kita sebentar lagi mengadakan Pemilu dan Pilkada serentak pada 2024. Di Jambi ada sebanyak 62 ribu pemilih pemula yang tersebar di 11 kabupaten kota dalam Provinsi Jambi dan berharap para pemula dapat merekam KTP dan untuk itu kita akan antisipasi stok blangko nya," kata Arief Munandar.

Kecilnya realisasi perekaman data pemilih pemula karena masih kurang sadar dan pentingnya administrasi kependudukan (asminduk).*

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023