Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) bersama dengan Mahkamah Agung, serta didukung oleh Kementerian Desa dan PDTT dan Kementerian Dalam Negeri, menggelar kegiatan Malam Anugerah Paralegal Justice Award, di Ballroom Discovery Hotel Ancol, Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Paralegal Justice Award itu sendiri merupakan penghargaan yang diberikan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham sebagai bentuk apresiasi bagi para kepala desa/lurah yang berprestasi dan memberikan pengabdian terbaiknya untuk masyarakat, bangsa, dan negara.

Hal utama yang menjadi pendorong diadakannya Paralegal Justice Award ini adalah peran Kepala Desa/Lurah sebagai pemimpin di masyarakat yang memiliki pengalaman dalam mendamaikan dan menyelesaikan masalah-masalah hukum warganya, serta mendorong pertumbuhan investasi, pariwisata dan lapangan kerja.

Sebelumnya, sebanyak 300 orang Kepala Desa/Lurah dari 765 pendaftar yang berasal dari 30 Provinsi dan 123 Kabupaten/Kota telah terjaring sejak dimulainya dibukanya pendaftaran Paralegal Justice Award, 10 Februari 2023 hingga pada 12 April 2023.

Kemudian, 300 orang Kepala Desa/Lurah tersebut telah mengikuti Paralegal Academy pada tanggal 29 Mei 2023 hingga 31 Mei 2023 dalam rangka penguatan kompetensi agar menjadi Paralegal yang SIAP (Solutif, Inklusif, Akomodatif, dan Partisipatif) dalam menyelesaikan setiap konflik permasalahan hukum di masyarakat.

Pemberian Anugerah Paralegal Justice Award ini diberikan kepada Kepala Desa/ Lurah yang telah lulus Paralegal Academy serta mendapatkan penghargaan Nonlitigation Peacemaker terhadap Kepala Desa/Lurah yang telah berperan aktif dalam menyelesaikan setiap perkara di masyarakat secara non litigasi dan inklusif.

Serta penghargaan Anubhawa Sasana Desa Jagadhita yang diberikan karena perannya mendorong pertumbuhan investasi, pariwisata, dan lapangan kerja baik dalam hal kebijakan dan implementasinya.

Pemberian Anugerah Paralegal Justice Award akan diberikan pada tanggal 1 Juni 2023 yang bertepatan dengan hari lahir Pancasila.

Adapun dari Kota Jambi, Kepala Desa/Lurah yang memperoleh penghargaan yakni Lurah Beliung, Kecamatan Beliung, Susilawati Lurah Suka Damai, Kecamatan Rimbo Ulu, Untung Swastadi Dan dari Kota Bungo, Kepala Desa/Lurah yang memperoleh penghargaan yakni: Lurah Peninjau, Kecamatan Bathin II Pelayang, Afrizal

Penerimaan penghargaan Kepala Desa/Lurah ini didampingi secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi Tholib, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Toman Pasaribu, Kepala Bidang Hukum Suryo Widodo, dan Kepala Sub Bagian Penyuluh Hukum, Bantuan Hukum, dan JDIH Andi Setiawan. (JA)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023