Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi memfokuskan peningkatan keahlian mahasiswa agar lulus secara berkualitas dan mampu bersaing dengan alumnus perguruan tinggi lainnya dalam mencari kerja atau membuka peluang kerja.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN STS Jambi Bahrul Ulum di Jambi, Kamis, mengatakan tentang beberapa program unggulan perguruan tinggi itu untuk meningkatkan keahlian mahasiswa.

"Salah satunya dengan mewadahi bakat dan keahlian mahasiswanya dengan harapan mahasiswa lulus membawa banyak keahlian agar dapat bersaing di dunia kerja," katanya.

Ia mengatakan UIN sudah membangun beberapa fasilitas penunjang mahasiswa memperoleh keahlian, seperti fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan organisasi dan unit kerja di universitas tersebut.

Selain itu, katanya, mengembangkan kemampuan profesi mahasiswa dengan berbagai pelatihan agar ketika lulus tidak hanya mengandalkan ijazah tetapi juga memiliki keahlian.

"Kami menyiapkan sarana untuk membina bakat dan keahlian mereka dengan membentuk peminatan khusus dengan menyertakan pembina di dalamnya," kata dia.

Pihaknya juga membina unit kerja mahasiswa(UKM) dan organisasi di kampus.

"Kami tidak hanya membina organisasinya saja namun membina program yang dibuat oleh organisasi-organisasi di dalam kampus. Yang penting harus ada progres yang meningkat dan tidak menurun dalam kemajuan program ini," kata Bahrul Ulum.

Ia mengatakan setiap organisasi mempunyai ruangan masing-masing, seperti terkait dengan pembinaan olahraga, sains, dan seni.

"Harus memiliki ruangan supaya terkonsentrasi," kata dia.

Ia mengemukakan pada era serba cepat dan tanpa sekat ini, kebutuhan setiap sektor tidak hanya terkait dengan pengetahuan akan tetapi juga keterampilan sumber daya manusia.

"Harus menyiasati tantangan ini dengan membina para mahasiswa supaya memiliki keterampilan dan kemampuan sehingga para sarjana kita bisa bersaing," kata dia.

 

Pewarta: Abdul Aziz Hidayatullah dan Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023