Komando Resor Militer (Korem) 042/Gapu menggelar kegiatan latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) TW II TA 2023 di Lapangan tembak Pal 17, Kabupaten Muarojambi.

"Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan prajurit dalam kegiatan menembak menggunakan senapan FNC dan pistol," kata Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Korem 042/Gapu Mayor Inf M Tony Wijaya, Rabu.

Kegiatan Latbakjatri tersebut, merupakan salah satu program kerja (Progja) Korem 042/Gapu TW II TA 2023 yang dilaksanakan selama dua hari terhitung dari 13 - 14 Juni 2023 dan diikuti oleh seluruh prajurit Korem 042/Gapu, baik itu perwira, bintara maupun tamtama.

Mayor Inf M Tony Wijaya selaku Pengendali dan pengawas latihan (Timdalwaslat) menyampaikan bahwa kegiatan latihan menembak yang digelar merupakan salah satu pembinaan prajurit dalam progja Korem 042/Gapu TW II TA. 2023 bidang latihan dan dalam hal ini, untuk meningkatkan kemampuan perorangan prajurit dalam menembak menggunakan senjata senapan dan pistol.

"Dengan latihan yang terprogram tentunya akan meningkatkan kemampuan menembak para prajurit sesuai dengan nilai yang diharapkan satuan," tegasnya.

Selanjutnya, Pasi Ops menjelaskan sebelum melaksanakan menembak setiap prajurit ditekankan untuk memperhatikan faktor keamanan, sebelum, selama dan setelah pelaksanaan latihan guna menghindari timbulnya kerugian personel dan materiil serta satuan.

Untuk itu pelaksanaannya akan diawasi secara ketat oleh pimpinan petembak (Pibak) dan Pengawas lajur (Wasjur) dan untuk menghindari timbulnya kerugian tersebut diharapkan seluruh peserta dan pendukung mengikuti mekanisme dan pedomani prosedur latihan yang sudah ditetapkan.

"Selama pelaksanaan latihan menembak tidak ada prajurit yang bertindak sendiri, melainkan atas instruksi serta arahan dari penyelenggara dan panitia yang sudah ditunjuk oleh Koordinator," kata Tony Wijaya.




 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023