Wakil Wali Kota Jambi  Maulana selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Jambi membuka kegiatan perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) anggota majelis pembimbing cabang (Mabicab), majelis pembimbing ranting (Mabiran) dan ketua kwartir ranting (Kwaran) dalam jajaran Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Jambi, Sabtu (24/6).

Maulana mengatakan perkemahan Sabtu-Minggu ini bertujuan untuk membangun komitmen bersama seluruh elemen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Jambi, tentang pentingnya Gerakan Pramuka sebagai solusi membangun karakter generasi muda masa kini.

Selain itu Gerakan Pramuka juga berguna untuk mempersiapkan mereka menjadi generasi unggul Kota Jambi dan Indonesia pada masa mendatang.

"Kita yang saat ini menjadi orang tua, bertanggung jawab untuk membangun karakter kebangsaan dan karakter kepemimpinan generasi muda, melalui gerakan pramuka. Persami (perkemahan Sabtu Minggu-red) ini bertujuan untuk membangun komitmen bersama seluruh elemen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Jambi, tentang pentingnya gerakan pramuka sebagai solusi membangun karakter generasi muda," katanya di Jambi, Minggu.

Generasi muda saat ini menurut Maulana, terlena dengan penjajahan gaya baru di masa kini, yaitu proxy war yang memang ditujukan untuk menghancurkan jati diri generasi muda akan bangsanya. 

"Saat ini generasi muda sudah mulai kecanduan dengan gadget, liberalisme, sex bebas, kenakalan remaja dan sebagainya. Jangan lengah dan jangan terlambat, kita mulai dari sekarang, menyelamatkan generasi penerus masa depan bangsa ini. Salah satu upaya kita adalah bawa anak keluar dengan kegiatan yang menyenangkan bagi mereka, melalui pramuka," katanya. 

Ia menjelaskan bahwa kegiatan pramuka itu membahagiakan dan menyehatkan bagi anak-anak. Menurutnya, pramuka merupakan sistem pendidikan luar sekolah yang terbaik saat ini, karena memadukan pendidikan fisik, mental, psikomotor dan melatih kemampuan bertahan, menjadikan anak Indonesia menjadi generasi yang kuat.

"Dasa Dharma Pramuka adalah nilai-nilai yang disarikan dari semua ajaran agama. Jika anak-anak kita mengamalkannya, luar biasa dampaknya bagi masa delan mereka. Kita tidak bisa bekerja sendiri, harus bekerjasama, bergandengan tangan, di semua level, mengajak anak-anak kita untuk cinta tanah air, bangsa dan negara melalui gerakan pramuka. Mulai dari gugus depan di sekolah-sekolah," kata dia.

Acara Persami tersebut dimulai secara simbolis dengan pemasangan tanda peserta. Rangkaian acara yang dilaksanakan adalah kegiatan berkemah semalam di dalam kawasan Taman Hutan Kota Muhammad Sabki, upacara api unggun, outbond, perlombaan dan kegiatan luar ruang yang bertujuan untuk membangun soliditas dari seluruh anggota Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Jambi.

Sebagaimana diketahui pula bahwa, Kota Jambi sebagai pemerintah daerah satu-satunya dan pertama di Indonesia yang memiliki peraturan khusus tentang gerakan pramuka, yaitu Peraturan Daerah Kota Jambi nomor 3 tahun 2019 tentang Gerakan Pramuka. Peraturan daerah ini yang akan menjadi payung hukum pelaksanaan pendidikan kepramukaan di Kota Jambi secara komprehensif dan terstruktur.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023