Geopark Merangin Jambi (GMJ) resmi ditetapkan sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG) dalam sidang Dewan Eksekutif UNESCO di Paris yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (24/5). 
 
Universitas Jambi (Unja) memiliki peran besar di balik penetapan tersebut. unjay berperan dalam mendampingi Geopark Merangin Jambi menuju UGG, terlihat dari komitmen Unja yang hampir 5 tahun ini menjadikan Merangin sebagai fokus utama dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik penelitian, pengabdian, serta bentuk praktek lapangan perkuliahan.

Selain dari bentuk Tri Dharma, peran Unja lainnya didukung dari beberapa akademisi yang ikut berkecimpung dalam pengelolaan GMJ, sehingga dapat mendampingi serta membantu apa yang dibutuhkan GMJ baik dalam bentuk riwayat data maupun kegiatan lapangan.

Berkas yang berisi catatan rinci dalam bentuk data dan catatan kegiatan tentang GMJ sebagai subjek Tri Dharma disebut sebagai dossier. Para penulis dossier GMJ tersebut merupakan dosen dari Prodi Teknik Geologi Fakultas Sains dan Teknologi.

Tim penulis dossier GMJ terdiri dari Magdalena Ritonga, .Hari Wiki Utama dan Anggi Deliana. Mereka juga merupakan anggota dalam PUI-PT (Pusat Unggulan Ipteks-Perguruan Tinggi) Geowisata Merangin.

Tugas utamanya adalah menulis cerita keragaman dan keunikan yang berada di GMJ yang dibagi menjadi 3 unsur, yaitu Geodiversitas, biodiversitas, dan Cultural/Kearifan Lokal pada dokumen dossier.

Sedangkan tugas dalam assessment penilaian UGG, tim Unja sangat berperan dalam menjabarkan dan menjawab pertanyaan dari assesor selama penilaian berlangsung, baik pada saat kunjungan lapangan, maupun pada saat pertemuan tertutup.

Hal terberat lainnya yang diungkapkan  tim adalah bagaimana assesor lainnya dari beberapa negara yang membaca dokumen ini dapat mengerti apa yang tim jelaskan dalam bentuk yang singkat.

Setelah masuk dalam UGG, Unja tetap akan fokus pada pelaksanaan Tri Dharma yang dilakukan di kawasan GMJ. Seperti melakukan pengembangan berbasis penelitian dan pengabdian yang dilakukan secara keberlanjutan. 

Hal ini bisa dilaksanakan dengan multidisplin keilmuan yang ada di Unja dengan kolaborasi yang ada pada PUI-PT, terutama PUI-PT Geowisata Merangin untuk mengembangkan ekonomi kreatif maupun UMKM, serta melanjutkan pengabdian dalam membentuk dan membangun desa wisata yang ada di dalam kawasan GMJ.

Selain itu, tim akan memperluas praktek perkuliahan langsung MBKM yang dicanangkan Kemdikbudristek serta fokus riset di kawasan GMJ – UGG sesuai dengan komitmen Unja yang menjadikan kawasan Geopark Merangin menjadi Laboratorium Kebumian Universitas Jambi.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023