Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Petrus R. Golose bersama ratusan mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Jambi mendeklarasikan Kampus Bersih dari Narkoba (Bersinar).

Kepala BNN RI Komjen Pol Petrus R. Golose dalam kuliah umumnya menyampaikan kondisi kejahatan narkotika lintas negara, cara penyebaran narkotika, sumber memperoleh dan alasan menggunakan narkotika, serta angka statistik peredaran narkotika kepada ratusan mahasiswa.

"BNN akan tetap konsisten menjaga generasi muda bangsa khususnya mahasiswa agar terhindar dari penyalahgunaan narkotika. Saya apresiasi melihat Unja masuk dalam gerakan Kampus Bersinar," katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jambi, Jumat (4/8)

Ia juga mengapresiasi Provinsi Jambi yang dinilai cukup berhasil memerangi masalah narkoba yang terlihat dari rendahnya persebaran kawasan narkotika di Jambi yakni hanya 18 kawasan.

Berdasarkan data prevalensi narkotika pada 2019, Jambi berada peringkat ke-4 tertinggi, tapi saat ini Jambi masuk ke dalam ranking 26. Itu artinya bahwa penyebaran dan penyalahgunaan narkotika di Jambi menurun dan masyarakat makin banyak yang teredukasi tentang bahaya narkoba.

Sementara itu, jumlah pengungkapan narkotika di Jambi sejak 2021-2023 yang diungkap oleh BNN Provinsi Jambi dan Polda Jambi sebanyak 125,56 kilogram sabu, 250,54 kilogram ganja dan 36.625 butir ekstasi.

"Polda Jambi paling banyak pengungkapannya," kata dia.

Salah satu program BNN terkait pencegahan peredaran narkotika yang berhasil adalah di kalangan mahasiswa, mengingat jumlah pengguna narkotika dari kalangan mahasiswa dan pelajar yang makin menurun.

Ia menyebutkan bahwa mahasiswa merupakan calon pemimpin masa depan, sehingga tidak boleh dirusak dengan narkotika. Ia pun meminta kepada mahasiswa di Jambi untuk memahami bahaya narkoba dan tidak pernah berkeinginan untuk menggunakannya.

Deklarasi tersebut diikuti oleh 400 orang yang terdiri dari mahasiswa Unja, mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta di Jambi serta beberapa siswa SMA dan SMK.

Rektor Unja Prof Sutrisno menegaskan terima kasih kepada BNN yang memilih Unja sebagai Kampus Bersinar. Dalam kesempatan itu, Unja juga telah mendapatkan penghargaan dari BNN terkait peran serta Unja dalam menjalankan program Kampus Bersinar.

Baca juga: Unja promosikan budaya dan kuliner Jambi saat Rakernas Forpimawa

Baca juga: Dua mahasiswa Unja raih Best Paper dan Silver Medal pada Faperta Fair di Mataram

Baca juga: Mahasiswa manajemen Unja juara 1 lomba desain poster nasional

 

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023