Bupati Merangin Mashuri dan Wakil Bupati Nilwan Yahya melakukan kunjungan kerja dialog atau audensi dengan perwakilan warga dari empat kecamatan, Margo Tabir, Tabir Selatan, Tabir Ilir dan Tabir Timur.

"Senang sekali hari ini kami bisa langsung bertatap muka dan menampung aspirasi warga dari empat kecamatan di Tabir. Terimakasih atas sambutan yang luar biasa ini," ujar Bupati Merangin di Jambi, Senin.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mashuri mengatakan merasa masih banyak aspirasi warga yang belum terakomodir, meski pernah mengabdi selama 2,8 tahun sebagai wakil bupati dan 2,5 tahun sebagai bupati.

"Untuk itu sebelum saya mengakhiri masa kerja, atas nama Pemerintah Kabupaten Merangin dan atas nama pribadi saya minta maaf yang sebesar-besarnya," katanya. 

Menurut dia, berbagai aspirasi warga yang belum terakomodir itu disebabkan oleh adanya pandemi sehingga anggaran yang bisa dimanfaatkan untuk membangun Merangin, harus dialihkan untuk penanganan COVID-19.

"Setelah COVID-19 kita dihadapkan lagi bagaimana memulihkan perekonomian masyarakat pasca COVID-19. Alhamdulillah sekarang pertumbuhan ekonomi Merangin berada di level positif," ujar Bupati.

Ia pun memastikan kondisi perekonomian membaik usai pandemi melandai dengan pertumbuhan sempat mencapai 5,6 persen serta tingkat inflasi daerah yang mulai terkendali.

"Kita bersyukur karena untuk penurunan inflasi di seluruh Indonesia kita berada di urutan ke-7. Alhamdulillah kenaikan inflasi itu dapat dikendalikan dengan cepat," kata Bupati.

Keberhasilan dalam mengatasi inflasi tersebut membuat Kabupaten Merangin mendapatkan kucuran kenaikan Dana Alokasi Khusus (DAK) pada 2023 sebesar 400 persen dari tahun sebelumnya.

Program KKB

Pada saat yang sama juga dilakukan pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas (KKB) serentak untuk 205 desa dan 10 kelurahan dalam Kabupaten Merangin, ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Merangin Mashuri.

Wabup Merangin Nilwan Yahya turut berterima kasih kepada BKKBN Perwakilan Provinsi Jambi yang telah mencanangkan program KKB secara secara serentak untuk semua desa dan semua kelurahan di Kabupaten Merangin.

Menurut dia, program KKB tersebut dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan mampu memberantas kemiskinan ekstrem di Merangin yang telah turun ke angka 0,9 persen di Agustus 2023 dari sebelumnya 4,2 persen.

Di penghujung acara, bupati dan wabup serta para pejabat yang hadir membagikan hadiah kepada para pemenang lomba kegiatan Hari Ulang Tahun ke-78 kemerdekaan RI di Kecamatan Tabir Selatan.

Untuk lomba video kreatif juara pertama diperoleh Desa Mekar Jaya, juara kedua Desa Bungo Tanjung, juara ketiga Desa Rawa Jaya dan juara harapan Desa Sinar Gading. Sedangkan pemenang lomba paduan suara juara pertama Desa Rawa Jaya, juara kedua Desa Bungo Tanjung, juara ketiga Desa Muara Delang dan juara harapan Desa Sungai Sahut.

Selain itu, bupati dan wabup juga membagikan Kartu Tanda Penduduk atas perekaman e-KTP yang dilakukan Dukcapil Merangin pada peringatan HUT RI ke-78 di empat kecamatan tersebut.

Baca juga: Bupati Kabupaten Merangin buka kenduri swarnabhumi

Baca juga: Geopark Merangin raih peringkat pertama dari UNESCO Global Geopark

Baca juga: Polisi tetapkan tersangka kasus suami bunuh istri di Merangin

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023