Atlet renang dan atletik Jambi menyumbangkan medali emas pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI/2023 Sumatera, 4-14 November di Riau.

"Cabang renang menyumbang satu medali emas sedangkan atletik menyumbang dua medali emas untuk kontingen Jambi di Porwil yang juga menjadi babak prakualifikasi PON tersebut," kata Humas KONI Provinsi Jambi Maskun Sofwan melalui keterangan resminya, diterima Jumat.

Perenang putra Muhammad Dimas Suidarmanto menyumbang medali emas dari nomor 100 meter gaya punggung, sedangkan dua medali emas atletik diraih dari nomor estafet putra 4x100 meter dengan atlet atas nama Juan, Ade, Yusuf dan Hidayat, sedang emas kedua dari lompat tinggi putra oleh Abiyu Farian.

Dengan tambahan tiga medali emas tersebut, kontingen Jambi mengumpulkan 11 medali emas, tujuh perak, dan 15 perunggu serta berada di peringkat lima besar klasemen sementara perolehan medali. 

Sebagian besar medali emas yang diperoleh Jambi berasal dari cabang olahraga wushu nomor sanda atau tarung dengan enam medali, diikuti cabang atletik dengan dua medali, dan sisanya masing-masing satu medali dari catur, sepak takraw, dan renang.

Kontingen Jambi pada Porwil se-Sumatera di Riau mengirimkan 145 atlet yang mengikuti delapan cabang olahraga dengan target meloloskan sebanyak-banyaknya atlet ke PON 2024 Aceh-Sumut.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023