Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Jambi menyelenggarakan kegiatan ‘National Agriculture Competition (NAC) Week 2023 dan Seminar Nasional Pertanian Berkelanjutan di Era Society 5.0’. 

Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan NAC Week 2023 yang dihadiri sebanyak 74 orang dengan acara puncak Seminar Nasional Pertanian Berkelanjutan di Era Society 5.0 yang mengusung tema ‘Generasi Z Berani Berperan dalam Pertanian Menuju Indonesia Emas 2045', Ketua Panitia Pelaksana Maria Ulfa dalam keterangan yang diterima di Jambi, Sabtu.

Seminar nasional tersebut juga menghadirkan 2 narasumber, yaitu Ketua Prodi Agribisnis Pascasarjana Universitas Padjajaran dengan judul ‘Generasi Z Berani Berperan dalam Pertanian Menyongsong Indonesia Emas 2045, dan Owner Huis De Kappara dengan judul ‘Gen Z Pertanian Menuju Indonesia Emas 2045’ yang dihadiri sebanyak 220 peserta.

Maria Ulfa mengatakan NAC Week 2023 ini merupakan rangkaian lomba di tingkat nasional yang terdiri dari 4 skema lomba yaitu esai, Bussines Plan Competition (BPC), fotografi, dan poster. 

Adapun jumlah peserta untuk masing-masing skema adalah untuk esai diikuti 37 finalis, fotografi diikuti 28 finalis, BPC diikuti 29 finalis, dan poster diikuti 21 finalis. Keseluruhan peserta ada 115,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Teja Kaswari dalam sambutannya menyampaikan bahwa Unja bisa menjadi peluang bagi mahasiswa untuk terus meningkatkan prestasi.

Unja mengapresiasi seluruh kegiatan mahasiswa, kemahasiswaan, dan mendukung penuh kreativitas yang dibuat oleh mahasiswa. Harapannya kegiatan seperti ini dapat dijadikan sebagai contoh untuk menghasilkan bibit-bibit yang akan mengajak seluruh mahasiswa baik di lingkup Fakultas Pertanian maupun fakultas lain yang ada di Unja.

Dekan Faperta Unja Prof Suandi mengatakan kompetisi ini merupakan salah satu bentuk silaturahim. NAC ini dibuat dalam program rutin sebagai pengayaan, pengetahuan, dan pengalaman bagi mahasiswa memanfaatkan peluang yang ada dan dilaksanakan dengan baik. 

Pada kesempatan itu panitia mengajak seluruh finalis NAC mengajak fieldtrip dan berkunjung ke situs bersejarah Candi Muaro Jambi. 



 

Pewarta: Tuyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023