Pengurus Provinsi Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (Pengprov PGSI) Jambi meloloskan delapan atlet ke PON 2024 Aceh-Sumut berdasarkan hasil pertandingan babak prakualifikasi PON pada kejurnas yang berakhir pekan lalu di Jakarta.

Pelatih gulat Jambi Widodo di Jambi, Selasa, mengatakan gulat masih menjadi salah satu cabang olahraga andalan provinsi itu sehingga Jambi mengirimkan 16 atlet untuk mengikuti kejurnas yang juga menjadi babak prakualifikasi PON 2024. Dari 16 atlet yang dikirim, delapan di antaranya lolos ke PON mendatang.

Pada kejurnas tersebut, Jambi memperoleh satu medali perak dan satu perunggu. Kedua medali tersebut dipersembahkan pegulat putri, sedangkan pegulat putra gagal menyumbang medali.

Atlet Susilawati di kelas 57kg bebas putri meraih medali perak dan medali perunggu dipersembahkan oleh Indri Sukmaningsih yang turun di kelas 72kg bebas putri. 

"Kami sudah berjuang maksimal di kejurnas tersebut, namun hasilnya hanya itu yang bisa dipersembahkan para atlet. Mereka mengakui persiapan kurang maksimal akibat kurangnya dukungan dari pengurus dalam persiapan menuju ke babak prakualifikasi itu," kata Widodo yang juga mantan atlet nasional itu.

Widodo menambahkan, hal terpenting saat ini adalah meloloskan atlet ke PON 2024 dan dengan waktu yang tersisa akan melakukan persiapan semaksimal mungkin sehingga bisa menunjukkan prestasi di atas matras PON 2024. 

"Saya bersama pelatih dan para atlet siap tampil maksimal di PON 2024 dengan mempersembahkan medali emas untuk Jambi," kata Widodo lagi.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023