Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi Inspektur Jendral Polisi Rusdi Hartono menegaskan kepada Bhabinkamtibmas setempat harus bersikap netral pada Pemilu 2024.

"Saya minta para Bhabinkamtibmas harus dapat bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024," kata Kapolda Irjen Pol Rusdi Hartono, di Jambi, Kamis.

Rusdi mengatakan bahwa seluruh personel bersikap netral amat penting diterapkan pada saat proses Pemilu 2024 guna menciptakan pemilu yang aman dan damai khususnya di Provinsi Jambi.
 
Dia menyampaikan secara penghitungan kumulatif Polda Jambi masuk dalam lima besar terbaik dalam penilaian publik terhadap kinerja Polri. Selain itu, dari penilaian itu juga terlihat performa Bhabinkamtibmas menunjukkan bahwa masyarakat mengetahui dan setuju dengan kehadiran Bhabinkamtibmas.

Sejauh ini, berdasarkan penilaian bahwa masyarakat merasa puas dengan kinerja Bhabinkamtibmas sehingga merasakan manfaat kehadirannya di suatu daerah.

Dari penilaian itu, Rusdi menegaskan bahwa Bhabinkamtibmas memiliki peran strategis dalam mewujudkan pemilu yang aman dan damai dengan memastikan situasi kamtibmas yang kondusif.

Kapolda mengingatkan personel Polri untuk menjaga netralitas dan fokus dalam pengamanan Pemilu 2024 tanpa intervensi pihak lain yang memiliki kepentingan.

Personel Polri diharapkan dapat menciptakan situasi yang aman, nyaman, tertib dan terkendali selama masa pemilihan berlangsung.

Personel Polri juga diminta melaksanakan tugas dengan langkah preemtif, preventif dan represif. Jika semua langkah penanganan keamanan pemilu dijalankan otomatis segala bentuk gangguan ketertiban selama masa pemilu bisa diatasi.

Kapolda mengingatkan personel agar menjaga kekompakan selama tahapan Pemilu 2024 serta memastikan tidak ada gangguan dalam pelaksanaan pemilu.

Baca juga: Polda Jambi gandeng parpol, ormas dan mahasiswa deklarasikan pemilu damai
Baca juga: Polda Jambi jamin keamanan proses revitalisasi Candi Muaro Jambi
Baca juga: Polda Jambi tanam 10 ribu pohon di Hutan Tahura Senami Batanghari

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023