Anies Rasyid Baswedan calon presiden nomor urut 1 saat kampanye dan berkunjung ke pasar tradisional Angso Duo Jambi menyatakan prihatin atas kondisi pedagang di pasar tersebut yang terjerat dengan rentenir karena kesulitan mendapatkan pinjaman modal dagang.

“Setelah saya berdialog dan mendengarkan aspirasi langsung dari para pedagang di pasar Angso Duo Jambi ini, mereka mengeluhkan untuk mendapatkan pinjaman modal, sehingga mereka terpaksa terjerat dengan para rentenir dengan bunga pinjaman sangat besar,” kata Anies di Jambi, Kamis.

Untuk itu kata Anies dirinya minta para pedagang di Pasar Angso Duo ini agar segera membentuk koperasi yang nantinya akan bisa dibantu modal usahanya dalam jumlah besar dan pedagang juga bebas dari jeratan para rentenir.

Anies juga janji akan membantu para pedagang di pasar ini dan dirinya minta pedagang segera membentuk koperasi sehingga bisa mengucurkan dana besar jika anggotanya banyak.

“Saya minta para pedagang di Jambi dan di daerah lainnya karena permasalahan ini tidak hanya di Jambi tetapi hampir diseluruh Indonesia, maka solusi dari kami untuk bentuk koperasi sehingga pemerintah bisa mengucurkan dana cukup besar untuk para pedagang,” tegas Anies di hadapan pedagang di pasar itu.

Dia menjelaskan melalui koperasi maka pedagang tidak terikat lagi dengan para rentenir yang harus membayar pinjaman dengan bunga besar untuk mengembalikan modal pinjamannya.

Kemudian tentang harga bahan pangan pokok atau sembako tidak hanya di Jambi tetapi juga di seluruh daerah bahwa hampir setiap akhir tahun harga bahan pokok dipastikan naik, maka yang menjadi solusi nya harus diantisipasi dengan meningkatkan jumlah produksi di petani sehingga pasokan lancar dan harga juga bisa tetap stabil kedepannya.

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berkunjung ke Pasar Angso Duo Jambi pada pukul 09.45 WIB selama hampir satu jam setengah dirinya didampingi tim sukses nasional dan lokal melakukan dialog dengan pedagang.

Kemudian lagi Anies juga mengungkapkan harga bahan pokok di Jambi dan daerah lainnya naik sehingga transaksi dan omset secara otomatis juga turun, maka jika nanti dirinya terpilih jadi Presiden RI maka segara akan membentuk tim khusus untuk menurunkan dan menstabilkan harga bahan pangan yang menjadi perhatian utama nantinya.

Anies juga menyempatkan diri membeli sayur, cabai merah dan lainnya dari para pedagang di Pasar Angso Duo Jambi dan harga yang dijual pedagang untuk cabai merah dijual dengan harga Rp50 ribu per kilogram, cabai rawit Rp28 ribu/kg, bawang merah Rp 30 ribu/kg, bawang putih Rp34 ribu/kg, ayam potong broiler dijual Rp 28 ribu/kg dan harga daging sapi Rp120 ribu hingga Rp130 ribu per kilogramnya.

Para pedagang dalam dialog tersebut berharapan kepada Anies untuk semua harga pangan harus turun dan minta adanya bahan pasokan pangan yang aman sehingga bisa mengendalikan harga jual mereka.

Kedeputian Media dan Komunikasi Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), dalam keterangan resminya di Jakarta menjadwalkan kampanye Anies berlangsung di Kota Jambi sementara Muhaimin di waktu yang sama masih melaksanakan ibadah umrah.

Anies memulai kampanye pukul 09.30 WIB dengan mendengarkan aspirasi masyarakat di Pasar Pagi Angso Duo di Kota Jambi. Kemudian, pada pukul 10.40 WIB, Anies berada di Abadi Convention Center untuk mengikuti "Tanyo Bang Anies" bersama anak muda dan BEM se-Jambi.

Selanjutnya, pukul 13.35 WIB, Anies melakukan kampanye terbatas dengan masyarakat Jambi di lokasi Abadi Convention Center. Lalu, Anies melanjutkan silaturahim kepada ulama-ulama Jambi pada pukul 15.35 WIB, masih di lokasi serupa.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

 


 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023