Komandan Korem (Danrem) 042/Gapu Kolonel Inf Rachmad dalam rangkaian memperingati Hari Juang TNI AD, memimpin penanaman 1.895 pohon di Provinsi Jambi.

Sesuai tema Hari Juang TNI-AD tahun 2023 yaitu “TNI AD bersama rakyat bersatu dengan alam untuk NKRI", Danrem mengimplementasikan dengan memimpin satuan di jajarannya yakni seluruh Kodim melaksanakan penanaman pohon dengan mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayah masing-masing," kata Kolonel Inf Rachmad, di Jambi Kamis.

Penanaman ini juga dilaksanakan secara serentak setelah KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak membuka acara tersebut secara daring yang dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan dengan melaksanakan kegiatan gerakan bersih sampah plastik.

Dengan dibukanya acara tersebut, Danrem 042/Gapu juga secara serentak dengan Kodim jajaran Korem 042/Gapu melaksanakan penanaman pohon di wilayah Kodim masing-masing.

Pada penanaman pohon tersebut Danrem melaksanakan penanaman di areal eks MTQ Kota Jambi yang merupakan wilayah binter Kodim 0415/Jambi yang didampingi Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Eddy Basuki, Para Kasi Kasrem 042/Gapu, Dandim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono, unsur Forkopimda Kota Jambi, tokoh masyarakat, Ormas serta melibatkan anak-anak Pramuka dan masyarakat.

Danrem bersama peserta yang hadir menanam pohon berbagai macam jenis tanaman buah dan tanaman keras sebanyak 570 pohon, sementara Kodim 0416/Bute sebanyak 350 pohon, Kodim 0417/Kerinci sebanyak 300 pohon, Kodim 0419/Tanjab sebanyak 175 pohon dan Kodim 0420/Sarko sebanyak 500 pohon.

Danrem menyampaikan bahwa penanaman pohon ini dilaksanakan untuk menghijaukan kembali Kota Jambi dan kabupaten lainnya yang bertujuan agar bibit pohon yang telah ditanam ini akan menghasilkan udara yang segar.

Kegiatan ini, katanya, merupakan salah satu langkah untuk mencegah terjadi bencana alam seperti banjir dan mengembalikan pohon-pohon yang pernah terbakar akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Provinsi Jambi.

Kegiatan penanaman pohon itu berkat kerja sama semua komponen masyarakat di Provinsi Jambi. Ke depannya Jambi akan lebih indah, segar dan terhindar dari bencana banjir, kata Danrem.


 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023