Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi mewisuda sebanyak 57 orang peserta didik Sekolah Lansia yang berada di Kelurahan Bakung Jaya, Kecamatan Pall Merah, Kota Jambi.

“Mereka diwisuda setelah kurang lebih selama enam bulan mengikuti proses pendidikan di Sekolah Lansia yang mereka ikuti,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Putut Riyatno, di Jambi Sabtu.

Sekolah Lansia Selantang ini merupakan hasil kolaborasi antara Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi bersama Sentra Alyatama Jambi berdiri dengan didasari atas pemikiran bahwa penduduk Indonesia sudah menuju penduduk usia tua (Aging Population).

Berdasarkan kajian dari berbagai sumber diketahui bahwa populasi lansia di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup berarti selama beberapa tahun terakhir.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, persentase penduduk lanjut usia (lansia) tahun 2023 di Provinsi Jambi adalah sebesar 10,80 persen, sementara Kota Jambi memiliki populasi penduduk lansia sebesar 10,32 persen dari total penduduk usia 60 tahun.

Angka ini meningkat sebesar 0,4 persen dibandingkan dengan tahun 2022 yaitu 9,92 persen.

Ia mengatakan seiring meningkatnya populasi lansia dan berbagai permasalahannya maka pemerintah bertanggung jawab melaksanakan berbagai upaya dalam rangka pemeliharaan kesehatan lansia dengan tujuan menjaga agar tetap hidup sehat dan produktif secara sosial maupun ekonomis dan tidak menjadi beban keluarga, masyarakat, maupun negara.

“Sehingga hal-hal tersebut membuat kita semakin bersemangat untuk terus membangun kualitas lansia, mengembalikan martabat serta kepercayaan diri lansia sehingga dapat mewujudkan lansia yang Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif, Bermartabat dan Tangguh (SMART) serta bahagia di usia senjanya,” kata Putut.

Melalui Program Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di Provinsi Jambi khususnya di Kota Jambi, Selantang BKL-Sehat selalu Kelurahan Bakung Jaya Kecamatan Paal Merah Kota Jambi ini merupakan Selantang kedua di Provinsi Jambi.

BKKBN Jambi juga mengapresiasi semua pihak baik pemangku kebijakan maupun semua pihak terkait lainnya dalam rangka mendukung program sekolah lansia ini.

Di sisi lain, Sekolah Lansia Selantang ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi dan semua pihak lainnya.

 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023