Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai ancaman penyakit deman berdarah dengue (DBD) yang mengintai di saat musim penghujan dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Tanjabtim Eko Purnomo di Sabak, Selasa, mengatakan, pada November 2023 terdata 26 kasus DBD dengan tidak ada korban meninggal dunia.

"Jangan biarkan ada genangan air di lingkungan. Kami minta masyarakat sering menguras bak mandi dan mengubur barang bekas yang bisa menampung air hujan agar jentik nyamuk tidak berkembang biak," ujar Eko Purnomo.

Kali ini, kasus yang paling banyak ditemukan di Kecamatan Nipah Panjang dan Kecamatan Rantau Rasau dengan masing masing lima kasus.

Untuk menekan kasus ini, pemerintah sudah menyosialisasikan pencegahan bahaya DBD dan membagikan bubuk abate sejak awal Desember 2023.

Kegiatan ini terus berlangsung hingga Januari 2023 karena musim hujan dengan curah tinggi diperkirakan masih terjadi.

"Setiap ada laporan kasus di suatu wilayah, biasanya kami langsung fogging. Langkah ini dinilai efektif untuk mencegah tinggi nya kasus demam berdarah" kata Eko Purnomo.

Pewarta: Agus Suprayitno

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023