SKK-Migas PetroChina International Jabung Ltd menyerahkan bantuan 1.500 kotak susu berkalori tinggi ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk menyukseskan penurunan stunting di wilayah setempat.

Kegiatan dilaksanakan di Posyandu Cempaka Desa Terjun Gajah Kecamatan Betara Kabupaten Tanjab Barat, Kamis (15/2/2024).

Hadir dalam acara, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd Rudy Hermawan, Government and Relation Superintendent PetroChina Lasno, Comdev Staff M. Yuda Ramdani, Dinas Kesehatan Tanjab Barat, Kepala Puskesmas Sukorejo, Sekcam, Kepala Desa Terjun Gajah, kader posyandu serta ibu ibu dan balita penerima bantuan.

Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, Rudy Hermawan mengatakan penyerahan bantuan pangan diet khusus peningkatan kesehatan masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan merupakan salah satu komitmen yang selalu diupayakan oleh SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd untuk terus diwujudkan.

"Salah satu program yang dilakukan untuk peningkatan kesehatan masyarakat adalah melalui kegiatan-kegiatan untuk pencegahan dan penanggulangan stunting," katanya.

Ia mengatakan pihaknya menyadari apabila stunting tidak dicegah dan ditanggulangi dengan cepat dan tepat maka dapat menimbulkan dampak negatif, mulai dari kekurangan gizi, fisik yang lemah dan penyakitan, angka kematian yang tinggi, tumbuh kembang bayi balita dan anak terhambat dan lain sebagainya.

"Melalui Program Pengembangan Masyarakat, PetroChina bersinergi dan berkolaborasi bersama Dinas Kesehatan untuk menurunkan prevelensi stunting dan mencegah stunting khususnya untuk warga masyarakat di sekitar wilayah operasi PetroChina," ujarnya

Hal ini sudah kita lakukan dalam beberapa tahun terakhir mulai dari pelatihan kader posyandu, penyediaan fasilitas antropometri kit untuk pemantauan tumbuh kembang bayi, pemberian vitamin untuk ibu hamil, hingga intervensi langsung melalui penyediaan pangan untuk keperluan medis khusus.

"Kegiatan yang kami laksanakan hari ini adalah rangkaian dari kegiatan-kegiatan sebelumnya yang merupakan upaya-upaya yang terus dijalankan untuk pencegahan dan penanggulangan stunting," katanya

Menurutnya, hari ini selain kegiatan posyandu rutin yang merupakan program dari Dinas Kesehatan, pihaknya juga akan menyampaikan bantuan PKMK atau penyediaan pangan untuk keperluan medis khusus dalam bentuk susu berkalori tinggi untuk balita stunting.

Pemberian susu ini merupakan rangkaian dari tahapan bantuan yang sudah kami laksanakan sebelumnya dimana secara total dalam program ini kita sudah menyiapkan 1.500 kotak susu berkalori tinggi.

Adapun rinciannya terdiri atas 600 kotak susu berkalori tinggi untuk bayi stunting usia 6-12 bulan dan 900 kotak susu berkalori tinggi untuk balita stunting usia 12-59 bulan yang disampaikan secara berkala sesuai dengan kebutuhan pengentasan stunting di Tanjung Jabung Barat

"Melalui program ini kita sudah mulai menuai hasilnya bersama dimana Tanjung Jabung Barat sudah berhasil menekan prevelensi stunting menjadi yang terbaik kedua di Indonesia," kata dia.

Namun, hal ini harus ditingkatkan dan terus dijaga agar kesehatan masyarakat semakin membaik dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan, Camat Betara, Puskesmas Sukorejo, Kepala Desa Terjun Gajah, Para Kader," ucapnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada posyandu, Ibu-Ibu dan para pihak yang telah berpartisipasi aktif untu mensukseskan program ini.

Pihaknya menyadari terdapat kekurangan dan ketidaksempurnaan sehingga dibutuhkan langkah-langkah perbaikan agar lebih baik.

"Terima kasih atas waktu yang diberikan, saya mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan dalam memberikan masukkan kepada saya pada hari ini," ujar dia. 

Kades Terjuan Gajah, Anto Hasibuan mengucapkan terima kasih kepada PetroChina Jabung Ltd yang telah memberikan bantuan pangan untuk balita yang ada di desanya agar penanganan stunting dapat maksimal.

"Di desa kami ada lima anak yang terkena stunting dan ini butuh penanganan khusus. Dengan adanya bantuan ini semoga bisa membantu untuk penanganan," katanya.

Kepala Puskesmas Sukorejo Sumaini mengatakan untuk di Kecamatan Betara sendiri saat ini menerima 300 lebih susu formula untuk penanganan stunting dan pangan. Ia menyebutkan se-Kecamatan Betara terdapat 58 anak terkena stunting. 

"Saya sangat berterima kasih dengan PetroChina, atas dukungan dan bantuan penanganan stuting ini," katanya.

Ia berharap program pangan ini terus berlanjut sehingga bisa membantu pengentasan stunting untuk di Tanjabbar terkhusus di Betara.

"Kami sangat terbantu dengan adanya bantuan dari PetroChina dan kami harapkan ini dapat terus berjalan," kata dia.


 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024