Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi melaporkan realisasi program bedah rumah yang dilaksanakan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) setempat sebanyak 285 unit selama 2023.

Kepala Dinas Perkim Kota Jambi Mahruzar di Jambi, Kamis, mengatakan bedah rumah untuk 285 unit itu berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2023

Berdasarkan data awal untuk program bedah rumah bersumber dari APBN 2023, sebanyak 291 rumah, sedangkan setelah melalui verifikasi tercatat 285 unit rumah.



Dari 285 unit rumah itu, sebanyak 79 unit diantaranya berada di Kecamatan Jambi Timur. Kemudian, 53 unit di Kecamatan Paal Merah, 84 unit rumah di Kecamatan Telanaipura, dan empat unit rumah di Kecamatan Jelutung.

Selanjutnya, 16 unit rumah terdapat di Kecamatan Kota Baru, delapan unit rumah berada di Kecamatan Pasar dan 41 unit rumah di Kecamatan Danau Sipin.

"Total program bedah rumah itu tersalurkan ke 16 kelurahan di tujuh kecamatan se-Kota Jambi yang bersumber dari APBN," kata dia.

Selain berasal dari APBN 2023, program bedah rumah yang ada di Kota Jambi juga bersumber dari program Dumisake Provinsi Jambi tahun 2023 untuk ratusan unit rumah lainnya.

Program bedah rumah dari Dumisake 2023 ini tersebar di tujuh kecamatan di Kota Jambi, meliputi 54 unit rumah di Kecamatan Jambi Selatan, 40 unit rumah di Kecamatan Paal Merah, 38 unit rumah di Kecamatan Alan Barajo.

Sementara itu, di Kecamatan Kota Baru tercatat sebanyak 42 unit rumah , Kecamatan Jelutung sebanyak 42 unit rumah dan di Kecamatan Danau Sipin sebanyak empat unit rumah.



Bantuan bedah rumah yang berasal dari bantuan sosial APBD Kota Jambi pada 2023 tercatat sebanyak 74 unit yang tersebar di 15 kelurahan pada tujuh kecamatan dalam Kota Jambi.

Program bedah rumah di Kota Jambi, kata dia, juga ada yang bersumber dalam program peningkatan kualitas penanganan kemiskinan ekstrem APBN 2023.

Dari sumber pembiayaan itu, tercatat sebanyak 133 unit rumah yang mendapatkan program bedah rumah yang tersebar di 16 kelurahan dan tujuh kecamatan daerah setempat.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024