Pemerintah Kota Jambi menggelar pawai takbir mobil hias keliling, shalat Idul Fitri di Balaikota hingga open house untuk memperkuat silaturahmi dan kebersamaan di momen Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah, Pemkot Jambi melalui Dinas Pariwisata menggelar pawai takbir keliling mobil hias yang dipusatkan di seputaran Tugu Keris Siginjai, Kota Jambi," kata Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Kamis.

Gelaran rangkaian acara pawai takbir keliling mobil hias diikuti oleh 11 kecamatan yang ada di Kota Jambi ini dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih dan Sekda Kota Jambi A Ridwan.

 Sri memberikan apresiasi atas rangkaian kegiatan Idul Fitri yang rutin digelar setiap tahunnya. Pawai takbir mobil hias keliling ini juga diikuti antusias oleh masyarakat Kota Jambi. 

Dia menyebutkan bahwa agenda tahun ini menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam menyambut Idul Fitri. 

"Saya apresiasi luar biasa kepada OPD terkait yang telah menyiapkan kegiatan ini. Kepada masyarakat juga kami ucapkan selamat atas inovasi mobil hias yang dibuat," kata Sri.

Sri menegaskan bahwa pawai mobil hias keliling ini dapat menjadi agenda wisata religi di Kota Jambi. 

"Karena ini merupakan keunikan, dan pastinya menarik masyarakat untuk berkunjung," kata dia.

Selain memperlihatkan kreativitas dari masyarakat dalam menghias kendaraan, pawai takbir keliling mobil hias ini juga menggerakkan perekonomian masyarakat,  

Sementara, Rabu (10/4), Pemerintah Kota Jambi menggelar shalat Idul Fitri berjamaah bertempat di lapangan utama kantor Wali Kota Jambi. Sedari pagi ribuan orang tampak mulai memadati lapangan tempat pelaksanaan shalat berjamaah yang turut dihadiri Pj Wali Kota Jambi beserta keluarga, Sekda A Ridwan dan jajaran Pemkot Jambi. 

Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Kota Jambi untuk senantiasa memaknai esensi ibadah puasa Ramadan yang memberikan dampak positif dalam kehidupan.

Dalam rangkaian shalat Idul Fitri itu, turut pula diumumkan pemenang kendaraan Pawai takbir keliling mobil hias Kota Jambi tahun 1445 Hijriah. Adapun yang menjadi juara 1 yaitu Kecamatan Pasar Jambi, juara 2 Kecamatan Telanaipura, juara 3 Kecamatan Danau Teluk, juara ke 4 Kecamatan Jelutung dan juara ke 5 Kecamatan Paal Merah.

Usai pelaksanaan shalat, Pemkot Jambi menyelenggarakan silaturahmi lebaran bersama masyarakat yang dikemas dalam kegiatan "open house".

Silaturahmi lebaran itu digelar di rumah dinas jabatan Wali Kota Jambi Griya Mayang di kawasan Danau Sipin dan rumah dinas jabatan Sekda Kota Jambi di kawasan Telanaipura. Tampak masyarakat dari berbagai penjuru Kota Jambi memanfaatkan acara itu sebagai media silaturahmi antara pemerintah dengan warganya.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024