Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari, Jambi, mendapatkan bantuan internet dari pemerintah provinsi untuk 17 desa dari delapan kecamatan di daerah tersebut.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batanghari Boni Bonaza di Jambi, Jumat, mengatakan bantuan internet tersebut akan disalurkan melalui Diskominfo Provinsi yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jambi.

Boni mengatakan bantuan internet tersebut diberikan untuk 17 desa dari delapan Kecamatan di wilayah setempat.

"Ya, bantuan internet dari provinsi saat ini ada penambahan jika dibandingkan dari tahun lalu," katanya.

Pada 2022 bantuan internet untuk Kabupaten Batanghari diberikan untuk 10 Desa dan pada 2023 untuk delapan desa yang menerima bantuan akses internet.

Ia mengatakan mengingat jarak yang cukup jauh, kemungkinan besar bantuan internet pada 2024 ini rata-rata menggunakan radio link.

"Waktu 2022 lalu kabel optik, mungkin karena daerah ini jaraknya jauh sepertinya rata-rata pakai radio," katanya.

Dengan adanya bantuan ini, kata dia, diharapkan akses internet pada semua desa yang telah mendapatkan bantuan dapat berjalan dengan lancar dan memudahkan akses digital bagi masyarakat sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat di desa.

"Kalau untuk bantuan dari provinsi sepertinya cuma sampai 2024, akan tetapi kami juga sedang mencoba berkomunikasi ke Kemenkominfo  dari Program Bhakti yang diperuntukkan ke puskesmas dan sekolah," kata dia.

Pewarta: Tuyani / Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024