Mahasiswa Universitas Jambi memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat desa di Kecamatan Tabir Lintas, Merangin, melalui program rumah sehat sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan dan pengetahuan warga setempat.

Koordinator Pusat Pelaksana Kuliah Kerja Nyata Unja Ridhwan dalam keterangan tertulis di Jambi, Kamis, mengatakan mahasiswa bersama dosen pembimbing lapangan telah menyusun program yang diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Program rumah sehat dan pintar di tiga desa, yaitu Desa Mensango, Desa Sido Harjo, dan Desa Koto Baru. Program pemberdayaan bagi masyarakat ini dilaksanakan sejak 23 April sampai dengan 16 Juni 2024.

Kegiatan pendampingan bagi masyarakat desa yang dilakukan seperti sosialisasi pemilahan dan pembuatan tempat sampah organik dan non-organik pada siswa, penyuluhan kebersihan diri atau personal hygiene pada remaja.

Mahasiswa juga mengenalkan pengelolaan unit kesehatan sekolah kepada siswa di Sekolah Dasar Negeri 124 Koto Baru.

Selain kepada pelajar dan remaja, mahasiswa juga memberikan penyuluhan pemeriksaan payudara sendiri (sedari) kepada ibu-ibu setempat.

Selanjutnya, mahasiswa mengajarkan mengenai implementasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tarbiyah Islamiyah Koto Baru, SDN 124 Koto Baru.

Para remaja di daerah desa-desa tersebut juga mendapatkan edukasi manajemen kesehatan remaja saat menstruasi serta edukasi bahaya pergaulan bebas pada remaja.

Kegiatan edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesehatan masyarakat desa melalui berbagai program edukasi dan sosialisasi.

Kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh mahasiswa Unja di Desa Koto Baru ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kegiatan serupa di daerah lain, serta mempererat hubungan antara perguruan tinggi dan masyarakat.

Sekretaris Desa Koto Baru Ade Sandri mengatakan apresiasinya terhadap upaya mahasiswa yang telah memberikan kontribusi besar bagi peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat desa.

“Kami berterima kasih atas dedikasi para mahasiswa dalam membantu masyarakat kami. Kegiatan-kegiatan ini sangat bermanfaat dan diharapkan dapat terus berlanjut di masa mendatang," katanya.





 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024