Dinas Perhubungan (Dishub)Provinsi Jambi menyediakan 11 unit bus untuk mengangkut jamaah calon haji dari Asrama Haji menuju Bandara Sultan Thaha Jambi.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Jhon Eka Powa di Jambi, Selasa, mengatakan pihaknya sudah memastikan kelayakan bus yang mengangkut ribuan jamaah calon haji ini.

"Kamis udah ramp check 11 bus ini, sudah dipastikan kelayakan bus untuk mengantar jemput jamaah," kata dia.

Dalam pengecekan bus ini, pihaknya bersama kepolisian sudah memastikan kelayakannya.

Ia mengatakan, selain untuk pengantaran di Asrama Haji, bus pengantaran jamaah dari kabupaten dan kota juga telah melalui proses ramp check terlebih dahulu.

Selain bus, untuk pengemudi juga sudah dipastikan kesehatannya. Para pengemudi juga sudah menjalani berbagai tes diantaranya tes bebas narkoba, hingga memastikan kelengkapan izin mengemudi.

"Saya sendiri turun langsung memastikan kelayakan itu," kata dia.

Jhon mengatakan bus ini akan siaga selama proses pengantaran dan penjemputan jamaah ketika kembali ke Jambi.

Adapun bus yang disediakan tersebut harus memenuhi standar, antara lain dilengkapi pendingin ruangan atau AC, serta toilet.

Di setiap bus juga ditempatkan satu petugas Dishub. Ia menjelaskan Dishub Provinsi Jambi siap mendukung kelancaran penyelenggaraan ibadah haji.

Dia berharap tidak ada kendala dalam proses pengantaran jamaah calon haji yang berkaitan dengan kualitas kendaraan maupun moralitas pengemudi.

Sebelumnya, Kemenag Provinsi Jambi telah meminta Dishub untuk memastikan kesiapan bus pengangkut jamaah haji baik dari daerah asal maupun bus yang digunakan untuk pengantaran ke bandara.




 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024