Universitas Jambi (Unja) menerima hibah aset senilai Rp22,8 miliar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi sebagai salah satu dorongan dalam pengembangan perguruan tinggi.

Rektor Unja Prof Helmi di Jambi, Selasa, mengatakan aset yang dihibahkan merupakan kawasan bekas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Pondok Meja Jambi, Muaro Jambi.

Aset ini terdiri dari tanah bersertifikat hak pakai seluas 20.045 meter persegi, 15 bangunan, jalan, jembatan, dan sarana irigasi. Berikutnya 822 barang inventaris dan peralatan kantor, sehingga total nilai hibah mencapai Rp22,8 miliar yang diharapkan memperkuat sarana dan prasarana pendidikan di Unja.

Sebelumnya kawasan eks RSBI Pondok Meja Jambi merupakan aset milik Pemprov Jambi yang telah digunakan oleh Unja sejak 2013 dengan status pinjam pakai.

Kawasan tersebut telah dimanfaatkan oleh Unja seiring dengan meningkatnya kebutuhan ruang kuliah dan kegiatan akademik. Pada 2016 Pemprov  Jambi mulai mempertimbangkan hibah penuh, kemudian diajukan secara resmi oleh Unja pada 2021.

Proses panjang ini akhirnya mencapai titik puncaknya pada 2024 dengan Pemprov Jambi secara resmi menghibahkan kawasan tersebut kepada Unja.

Hibah ini menjadi langkah strategis dalam pengembangan infrastruktur kampus, kata dia, terutama bagi fakultas yang memanfaatkan kawasan tersebut yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, serta Fakultas Sains dan Teknologi.

“Penyerahan aset dari Pemprov Jambi kepada Unja hari ini adalah momen yang membanggakan dan sudah lama kita cita-citakan," katanya.

Di menegaskan aset kampus di RSBI yang telah digunakan oleh Unja selama kurang lebih delapan tahun ini, akhirnya resmi menjadi milik universitas, yang akan semakin memperkuat fondasi dalam memberikan kontribusi bagi pendidikan di Jambi.

Hibah ini tidak hanya menandai perubahan status kepemilikan aset, kata dia, tetapi juga mencerminkan sinergi yang semakin kuat antara Pemprov Jambi dan Unja dalam memajukan pendidikan tinggi.

Penyerahan aset ini, lanjutnya, diharapkan membawa dampak positif jangka panjang bagi pengembangan Unja dan memperkuat posisinya sebagai salah satu institusi pendidikan terkemuka.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024