Pemerintah Kota Jambi dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan beasiswa pendidikan senilai Rp1,88 miliar bagi ribuan siswa SD sederajat hingga madrasah aliyah swasta dan negeri.

Ketua Baznas Kota Jambi Syamsir Naim, Kamis, mengatakan bantuan ini bersumber dari zakat, infak, serta sedekah ASN dan muzakki di Kota Jambi.

Pada tahun ini Baznas Kota Jambi memberikan bantuan biaya pendidikan kepada 4.500 siswa SD, MI, MDTA, MTS, MA swasta dan negeri se-Kota Jambi yang tergolong kurang mampu.

"Dengan jumlah dana total sebesar Rp1,88 miliar," katanya.

Di tingkat SD, bantuan biaya pendidikan diberikan kepada 2.034 orang. Masing-masing siswa SD Negeri mendapatkan Rp400 ribu, sedangkan untuk SD swasta disalurkan bantuan untuk 66 orang masing-masing Rp250 ribu.

Selanjutnya di tingkat SMP sederajat, jumlah siswa yang menerima sebanyak 16 orang untuk madrasah ibtidaiyah negeri (MIN) , masing-masing Rp400 ribu.

Untuk madrasah ibtidaiyah swasta sebanyak 200 orang masing-masing Rp250 ribu. Untuk setingkat madrasah diniyah takmiliyah awaliyah (MDTA) sebanyak 290 siswa, dengan besaran dana Rp250 per orang.

Tingkat SMPN sebanyak 1.504 orang, masing-masing Rp500 ribu, tingkat SMP swasta sebanyak 78 orang masing-masing Rp350 ribu.

Tingkat MTs negeri sebanyak 175 orang (Rp500 ribu), MTs swasta sebanyak 102 orang (Rp350 ribu), serta MA negeri sebanyak 35 orang masing-masing Rp600 ribu.

Syamsir mengatakan, berkat komitmen Pemkot Jambi dalam penyaluran zakat, infak dan sedekah melalui Baznas, setiap tahunnya terjadi peningkatan signifikan terhadap penerimaan zakat.

Selain itu, dari penerimaan itu Baznas Kota Jambi dapat meningkatkan jumlah bantuan yang disalurkan.

Baznas juga mengucapkan terima kasih kepada para muzakki yang telah menyalurkan zakat, infak, dan sedekah.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mengatakan Pemkot Jambi akan terus berupaya menciptakan pendidikan yang berkualitas.

Pemkot Jambi, kata dia, menggelontorkan dana untuk pembangunan pendidikan setiap tahunnya.

Di bidang pendidikan, Baznas ikut berkontribusi dengan penyaluran bantuan biaya pendidikan bagi anak kurang mampu.

Dia berharap, rutinnya penyaluran beasiswa pendidikan ini akan memacu semangat anak-anak didik dalam belajar maupun mengaji. Sehingga meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Jambi.

Sri meminta ke depan bantuan biaya pendidikan ini harus ditingkatkan baik dari sisi nilai maupun jumlah penerima.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024