Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi mewisuda 1.865 orang penghafal Alquran yang merupakan pelajar tingkat SD dan SMP di daerah setempat.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi Mulyadi di Jambi, Kamis, mengatakan program penghafal Al Quran merupakan program Pemkot Jambi yang telah berjalan selama lima tahun, dimulai sejak 2019 dengan target mewisuda sebanyak 10.000 orang pelajar penghafal Al Quran.

"Target kita selama lima tahun ini tercapai," katanya.

Terhitung sampai dengan 2023 Pemkot Jambi telah mewisuda 10.141 pelajar penghafal Al Quran. Sementara pada 2024 mewisuda sebanyak 1.865 penghafal Al Quran sehingga total jumlah penghafal mencapai 12.006 siswa.

Sementara itu 1.865 pelajar penghafal Al Quran itu terdiri atas 1.379 orang pelajar SD dan 486 pelajar tingkat SMP.

Program ini, kata Mulyadi, memberikan motivasi siswa agar pelajar mencintai Al Quran sehingga terwujud generasi yang kokoh iman, berbudi luhur, cerdas, dan berakhlak.

Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mengatakan pemerintah akan terus mendorong pelajar agar tidak hanya menjadi intelektual muda dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, tapi diimbangi dengan kemampuan lain, salah satunya menjadi penghafal Al Quran.

Sri meminta pihak sekolah dapat meningkatkan fasilitas terhadap proses belajar mengajar guru dan siswa penghafal Al Quran.

Sri berharap agar ke depan semakin banyak pelajar di Kota Jambi yang menjadi penghafal Al Quran sehingga memperkuat kualitas sumber daya manusia.



 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024