Gubernur Jambi Al Haris memastikan kemudahan berinvestasi di daerah guna mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga masyarakat yang akan memacu pertumbuhan ekonomi.

"Untuk itu kita harus mendorong banyaknya investasi di Provinsi Jambi agar pendapatan masyarakat meningkat juga konsumsi rumah tangga juga meningkat," kata Gubernur Jambi Al Haris di Jambi, Senin.

Bidang investasi di Jambi masih perlu dorongan karena masih terdapat beberapa proyek strategi nasional (PSN) yang kurnag berjalan seperti PSN Kemingking yang dulu sudah ditetapkan pemerintah menjadi pusat kawasan industri.

Sementara itu, akibat penerimaan masih rendah, tentu saja konsumsi rumah tangga menjadi lemah.

Dia mengimbau ke para pemegang kebijakan di Provinsi Jambi agar memberikan kemudahan investor untuk berinvestasi. Kemudahan itu diantaranya dari sisi perizinan.

"Kalau sudah bagus investasi kita, tentu akan baik pendapatan masyarakat dan akan meningkat konsumsi rumah tangga," katanya.

Dia mengakui bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi masih belum sempurna, karena Jambi selama ini masih ada pengaruh pertambangan batu bara.

"Masyarakat Jambi masih banyak tergantung dan menikmati batu bara masih banyak, seperti sopir saja kurang lebih enam ribu dan pekerja di tambang-tambang dan warung-warung yang di pinggir jalan, ini sangat mempengaruhi ekonomi Jambi, disamping primadonanya perkebunan dan pertanian, sehingga pertumbuhan ekonomi kita kisaran 4,15 di bawah nasional," katanya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi, ekonomi Jambi triwulan II-2024 terhadap triwulan II-2023 mengalami pertumbuhan sebesar 4,15 persen (y-on-y). Laju inflasi Provinsi Jambi secara year on year (y-on-y) pada Agustus 2024 sebesar 2,50 persen.

Sektor investasi, kata dia, dapat meningkatkan perekonomian daerah karena meningkatkan konsumsi rumah tangga.

Ke depan, konsumsi rumah tangga masih akan menjadi penopang pertumbuhan perekonomian Jambi ke depan.

Untuk itu, Haris menegaskan pemerintah hadir dalam menjamin bagi pelaku industri mengembangkan usaha di daerah.

"Usaha merasa terlindungi dengan baik dan ekonomi akan meningkat secara perlahan. Kita harus memberikan rasa aman bagi industri, pengusaha," katanya.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024