Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel menebar 150 ribu bibit ikan endemik jenis nilem di kawasan wisata air Lubuk Penyengat, Muaro Jambi, guna memperkuat kelestarian ekosistem.

FT Manager Jambi Agung Surendro di Jambi, Rabu, mengatakan penebaran ikan nilem di Lubuk Penyengat memiliki dua tujuan strategis yaitu memperkuat ekosistem perairan melalui kehadiran spesies endemik lokal yang mampu membersihkan perairan dari gulma serta meningkatkan daya tarik wisata kawasan tersebut.

“Inisiatif ini berpotensi membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat setempat dengan mengembangkan Lubuk Penyengat sebagai destinasi ekowisata yang berkelas," katanya.

Selain itu, perlu didorong dengan peningkatan fasilitas pendukung seperti penyewaan peralatan memancing dan area rekreasi yang akan memperkaya pengalaman wisata sehingga menjadikan Lubuk Penyengat memiliki daya tarik wisata yang dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi lokal secara berkelanjutan.

Inisiatif ini diharapkan memperkuat keseimbangan ekosistem lokal dan menciptakan nilai tambah yang signifikan bagi pengembangan pariwisata di Jambi.

Lubuk Penyengat dengan potensi keindahan alam yang memukau, dinilai layak untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan yang berdaya saing tinggi.

Dalam mendukung upaya ini, Pertamina berkomitmen untuk bersinergi dengan pemerintah daerah guna melakukan pengembangan fasilitas wisata, seperti penyediaan area parkir yang memadai, pembangunan tempat istirahat yang nyaman, serta penyewaan peralatan memancing bagi pengunjung.

Sebagai spesies yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem perairan, ikan nilem diharapkan dapat memperkaya keanekaragaman hayati Lubuk Penyengat, sekaligus menjadi daya tarik baru bagi wisatawan.

Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas pariwisata dan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal.

Area Manager Communication, Relation dan CSR Sumbagsel Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan menegaskan komitmen untuk berkontribusi pada pelestarian lingkungan dan pengembangan pariwisata yang mendukung kesejahteraan masyarakat lokal.

Pertamina mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian ekosistem Lubuk Penyengat.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024