Al Haris yang merupakan calon gubernur Jambi petahana mengaku bahwa Stadion Sepakbola Swarnabhumi yang dibangunnya pada periode pertamanya itu bertujuan hanya ingin membangun atlet-atlet Sepakbola Jambi bersinar dikelas nasional.

"Saya hanya ingin mengembalikan kejayaan sepak bola Jambi," kata Al Haris.

Adanya sarana olahraga yang terbaik bagi atlet sepakbola Jambi maka saya yakin pemain sepakbola Jambi lebih punya semangat yang mana selama ini Jambi selalu gagal membangun stadion itu, dan kini adalah secercah harapan bagi atlet atlet sepakbola Jambi.

Al Haris pernah bercerita sebagai pecinta olahraga sepakbola dia paham betul bahwa dulunya banyak pemain sepak bola dari Provinsi Jambi yang bermain untuk klub Semen Padang, PSMS Medan dan klub lainnya di liga Indonesia dan para pemain itu ada yang dari Kabupaten Kerinci Jambi..

Kejayaan itu menurut dia mesti direbut kembali dengan memberikan fasilitas olahraga yang baik salah satunya dengan membangun Stadion Sepakbola bola berstandar Nasional hingga Internasional berlabel FIFA.

“Kita ingin mengembalikan kejayaan sepak bola Jambi tersebut, dengan nantinya mengadakan turnamen turnamen sepakbola di stadion itu, diikuti dengan pembinaan serta fasilitas baik dan memadai di stadion tersebut," kata Al Haris.

Keutamaan Al Haris berusaha menepati janji-janji kampanye nya dulu tentunya mesti bertahap selesai satu persatu. Apalagi dengan waktu yang begitu singkat dimasa jabatan periode pertama nya itu tentunya sangat terseok-seok membangun Jambi apalagi sejak dihantam Pandemi COVID-19.

Haris yang kini cuti sebagai gubernur Jambi untuk mengikuti kontestasi Pilkada juga optimis jika stadion sepakbola Swarnabhumi bisa selesai dan akan menjadi kebanggaan Jambi nantinya dimata Provinsi lain terutama Provinsi tetangga seperti Sumsel yang sudah lebih dulu punya stadion sepakbola standar FIFA.

Dengan nanti Jambi adakan turnamen di stadion sepakbola standar FIFA itu kita lebih merasa bangga dan kita lebih merasa terhormat tidak lagi menundukkan kepala karena lapangan sepakbola kita dulu yang tidak layak.

Saatnya Jambi dapat melahirkan para pemain berbakat yang nantinya dapat mengangkat nama Provinsi Jambi dikancah nasional bahkan sampai pada kancah internasional.

Syadion ini mesti jadi saksi mata buat atlet sepakbola kita berjaya lagi dan saling berusaha jadi yang terbaik buat mewakili Jambi dikancah Nasional poin pertamanya," jelas Al Haris.

Bagi Al Haris, olahraa sepakbola adalah olahraga yang telah menyatukanwn bangsa, tentunya banyak sekali warga Indonesia yang sangat mendukung penuh atlet-atlet nasional sepakbola berkancah di kejuaraan dunia.

"Saya yakin dan sangat optimis agar Stadion Sepakbola Swarnabhumi ini bermanfaat nantinya baik bagi warga Jambi yang mana bisa memanfatkan lokasi dipinggirannya untuk UMKM jika ada kejuaraan lokal maupun nasionall dan tentunya yang paling terutama bermanfaat bagi atlet atlet sepakbola kita," kata Cagub nomor urut 02 itu.

Al Haris juga menuturkan, selama dirinya sangat hobi berolahraga terutama olahraga sepakbola.

"Jambi harus belajar dari olah raga sepak bola ini, baik pemerintah maupun masyarakat harus bekerjasama dalam mencapai satu tujuan yaitu bagaimana kita membangun Provinsi Jambi ini dengan baik, dan dengan niat yang sangat-sangat baik," kat Al Haris.

Sejauh ini stadion Swarnabhumi berdiri kokoh yang jaraknya juga begitu strategis yaitu di Jalan Lintas Jambi-Muara Bulian KM 21, di Kelurahan Pijoan, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi.

Lokasi stadion yang berjarak sekitar 19 kilometer dari exit tol seksi empat Betung-Jambi pastinya sangat memudahkan jangkauan oleh para pencinta olahraga sepak bola.

Stadion yang nantinya jadi kebanggaan masyarakat Jambi ini juga membuka peluang besar untuk kegiatan olahraga terutama bagi siswa-siswi sekolah juga pastinya demi bisa memanfaatkan fasilitas olahraga kelas dunia yang telah tersedia.

Desain bangunan stadion ini juga unik, yang lebih menonjolkan kesan khas Provinsi Jambi yakni motif tanjak yang modern dan elegan. 

Kapasitas stadion sepakbola Swarnabhumi ini juga bisa menampung sebanyak 20 ribu penonton yang dilengkapi dengan fasilitas modern.

Stadion ini juga akan dilengkapi dengan lintasan atletik yang menggunakan bahan sintetik seperti stadion-stadion lain di Indonesia.

Stadion Swarnabhumi yang dibangun sejak 2022 hingga diperkirakan selesai pada akhir 2024 itu sudah di klaim mencapai 75 persen.

Bangunan sepakbola ini dikerjakan oleh perusahaan swasta terkemuka dari Yogyakarta.

Proyek megastruktur berskala global, stadion Swarnabimi dibangun dengan memperhatikan setiap detail aspek yang berlaku dalam tatanan nilai standar internasional.

Rancangan struktur, mulai dari fondasi hingga atap, dalam proyek ini tentunya menggunakan berbagai teknologi ketekniksipilan yang mutakhir.

Bangunan mega struktur ini nantinya akan menjadi pembangunan stadion sepak bola megah yang segera terwujud pada masa kepemimpinan singkat Al Haris-Sani

"Insyallah kita yakin, stadion ini  membawa dampak manfaat buat kita semua masyarakat Jambi baik segi UMKM yang paling penting juga atlet sepakbola Jambi," kata Al Haris.

Bukan hanya stadion sepakbola saja,  Haris juga punya impian membangun venue olahraga standar internasional lainnya agar atlet Jambi semakin berprestasi di nasional dan internaaional.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024