Pemerintah Kabupaten Batanghari, Jambi, menetapkan harga buah kelapa sawit mengalami kenaikan menjadi 3.283 per kilogram.

Penetapan kenaikan harga tersebut dari hasil tim perumus kelapa sawit Provinsi Jambi, yang mana kenaikan buah kelapa sawit itu berumur 10 sampai 20 tahun.

Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Kabupaten Batanghari Mara Mulya Pane di Muara Bulian, Jumat, mengatakan kenaikan itu terus terjadi dalam beberapa bulan terakhir, mulai dari harga terendah dan tertinggi.

"Ya harga buah kelapa sawit saat ini mengalami kenaikan terus menerus khususnya di Provinsi Jambi," katanya.

Pane mengatakan untuk buah kelapa sawit berumur tanaman tiga tahun dihargai Rp2.570 per kilogram, sedangkan untuk harga tertinggi di usia tanaman 10 sampai 20 tahun yang mencapai Rp3.283 per kilogram.

Kemudian, untuk buah kelapa sawit yang berusia tanaman tertua yang sampai 25 tahun  dengan harga rata-rata mencapai Rp3.036 per kilogram. Dengan harga tersebut diberlakukan pemerintah bagi perusahaan.

Sementara itu, dengan kenaikan buah kelapa sawit  tersebut sangat menguntungkan bagi para petani yang ada di seluruh Kabupaten Batanghari. Dan saat ini pemerintah setempat melakukan pemantauan terhadap tanaman kelapa sawit rata-rata masih mengalami trek buah


 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024