Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi melakukan koordinasi dukungan perbankan dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk penyiapan Kartu Uang Elektronik  di gerbang tol ruas Bayung Lencir – Tempino guna memudahkan pengguna jalan yang akan memanfaatkan jalan tol tersebut.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Warsono di Jambi, Jumat (18/10) mengatakan,  BI Jambi bersama dengan empat perbankan yaitu BNI, BRI, BCA dan Mandiri, memberikan dukungan atas pengoperasian tol Bayung Lencir - Tempino (Baleno) ini.

Ketika memasuki tol, pengguna tol harus menggunakan sarana pembayaran  uang elektronik. Untuk mempermudah pengguna tol yang belum memiliki kartu uang elektronik, perbankan menyediakan penjualan kartu di gerbang tol selama 30 hari ke depan.

"Selama 30 hari ke depan di pintu tol sehingga masyarakat Jambi yang ingin melewati tol tidak perlu khawatir karena di pintu masuk akan disediakan kartu elektronik dengan harga Rp50 ribu per kartu termasuk saldo didalamnya," katanya.

Keempat perbankan ini, nantinya akan secara bergilir memfasilitasi penjualan kartu uang elektronik tersebut dengan mengutamakan metode pembayaran QRIS, sehingga lebih cepat, mudah dan tidak perlu menyiapkan uang kembalian untuk menghindari antrian panjang.

Meski saat ini pengelola tol belum mengenakan tarif bagi pengguna jalan, namun pengguna tetap harus melakukan tap kartu uang elektronik saat akan masuk gerbang tol.
BI Jambi koordinasi perbankan dukung penyiapan kartu uang elektronik di Gerbang Tol Muaro Sebapo (ANTARA/HO-BI Jambi)
 Bank Indonesia  sebagai Otoritas Sistem Pembayaran menyambut baik sinergi dan koordinasi yang dilakukan bersama perbankan dan Hutama Karya selaku pengelola untuk kelancaran operasional jalan tol ini.

Warsono mengingatkan, jika kartu uang elektronik juga tersedia di kantor-kantor perbankan maupun minimarket.

Branch Manager Ruas Tol Baleno PT Hutama Karya Hanung Hanindito mengatakan terima kasih atas dukungan BI Jambi dan perbankan membantu menyediakan layanan tersebut sehingga memudahkan pengguna tol mendapatkan  kartu uang elektronik.

Dia mengatakan mulai 17 Oktober 2024 pengguna tol Baleno belum dikenakan tarif. Meski begitu, pengguna tetap harus melakukan tap kartu uang elektronik pada mesin.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024