Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batanghari melibatkan masyarakat setempat dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pilkada 2024.

Komisioner KPU Batanghari, Muhammad Nuh di Muara Bulian, Senin, mengatakan ada sebanyak 111 orang pekerja sortir dan lipat surat suara untuk pemilihan umum kepala daerah di Kabupaten Batanghari.

"Ya pada hari ini ada 54 pekerja yang melakukan sortir lipat surat suara yang akan ditargetkan selama dua hari," katanya.

Selain itu, Nuh mengatakan proses sortir lipat untuk surat suara calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi ini dapat selama dua hari. Dan selanjutnya akan dilakukan pelipatan surat suara Bupati dan Wakil Bupati.

"Ya kami menargetkan selama dua hari proses sortir lipat surat suara yang masing-masing mempunyai lima pengawas," ujarnya.

Sebelum melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut pihaknya telah memberikan arahan ke semua pekerja dan setiap petugas agar nantinya lebih teliti untuk mengecek surat suara. 

"Kami sudah memberikan arahan apa yang harus dilakukan pada sortir lipat surat suara, apabila ditemukan surat suara yang tergores atau lecet diminta untuk dikembalikan kepada pengawas," ujarnya.

Diketahui, ada 218.007 lembar surat suara daftar pemilih tetap (DPT) ditambah dengan 2,5 persen atau total 223.733 surat suara yang akan dilakukan pengecekan dan pelipatan di KPU Batanghari.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024