Sebuah unggahan di TikTok menarasikan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyerahkan nama Anies Baswedan ke Presiden Prabowo untuk masuk ke dalam Kabinet Merah Putih.

Namun, Prabowo menolak usulan Cak Imin dan menyatakan bahwa isi kabinet sudah penuh sehingga Anies Baswedan tidak bisa masuk kabinet.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Cak Imin : “Sebenarnya Saya Sudah Ajukan Nama Mas Anies Ke Pak Prabowo, Sesuai Pesan Mas Anies, Tapi Mohon Maaf Mas Anies, Beliau Nyatakan Kursi Kabinet sudah Full”

Namun, benarkah artikel yang menarasikan Cak Imin serahkan nama Anies ke Prabowo untuk jadi Menteri?

 
 
Unggahan artikel yang menarasikan Cak Imin serahkan nama Anies ke Prabowo untuk jadi Menteri. Faktanya, judul artikel dalam unggahan tersebut merupakan editan. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, tidak ada artikel Detikcom dengan judul seperti dalam unggahan TikTok tersebut. ANTARA menemukan artikel serupa yang berjudul “Cak Imin Ngaku Dapat Tugas dari Prabowo untuk 'Mengkoordinir'”.

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengaku menerima arahan untuk menjadi bagian dari kabinet Presiden terpilih Prabowo Subianto. Cak Imin mengaku diberikan tugas untuk 'mengkoordinir'.

Cak Imin tak menjelaskan lebih lanjut pos kementerian apa yang akan dipimpinnya. Ia mengaku akan mengikuti arahan Prabowo.

Diketahui saat ini Muhaimin Iskandar, resmi ditunjuk Presiden Prabowo Subianto sebagai Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Klaim: Cak Imin sodorkan nama Anies sebagai menteri

Rating: Hoaks

Pewarta: Tim JACX

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024