Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Jambi akan merevitalisasi Terminal Alam Barajo, Kota Jambi, pada 2025, sehingga memberikan kenyamanan bagi penumpang.

"Akan kita revitalisasi, mudah-mudahan 2025 ini sehingga 2026 melihat wajah baru Terminal Alam Barajo," kata Kepala BPTD Kelas II Jambi Benny Nurdin Yusuf di Jambi, Rabu.

Benny mengatakan Terminal Alam Barajo dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi dengan penggunaan ruko dan bangunan di dalamnya.

"Kalau dibilang sarana dan prasarana kurang, itu mungkin, tapi pada prinsipnya Alam Barajo bisa dimanfaatkan, bahkan fasilitas sudah disiapkan ruko-ruko kecil yang ada di dalam sudah didorong untuk diisi bahkan menyiapkan kafe Alam Barajo Night," katanya.

Revitalisasi ini, kata dia, dilakukan agar masyarakat dan pengguna angkutan merasa nyaman. Dalam memberikan kenyamanan, pihaknya menjamin kebersihan terminal.

Selain itu, dari sisi penerangan terminal juga telah dilengkapi. Hal ini diharapkannya dapat mendorong para PO kendaraan masuk ke terminal.

Saat ini, kata dia, mereka telah melakukan penertiban PO dan meminta agar segera masuk ke terminal. Dalam waktu dua bulan, pihaknya tidak akan menarik BNPB.

"Ini tinggal lagi kesadaran dari masing-masing PO," katanya.

Benny menekankan pentingnya integrasi angkutan di terminal tersebut. Terminal harus terintegrasi, tidak hanya untuk angkutan AKAP, tetapi juga AKDP dan angkutan perkotaan. Sistem terintegrasi ini juga beberapa lokasi perumahan di daerah setempat.

Dia menegaskan potensi perkembangan angkutan ke depan juga akan semakin bertambah terutama dengan adanya pembukaan jalan tol.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024