Jambi (ANTARA Jambi) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jambi berencana menggelar diskusi politik dengan mengusung tema "Wali Kota Versi Rakyat".

Ketua AJI Kota Jambi, Syaipul Bakhori di Jambi, Jumat menuturkan, diskusi politik ini akan diselenggarakan pada Sabtu (7/4) di salah satu hotel ternama di Kota Jambi. Di mana pada forum tersebut akan diundang perwakilan masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), pengamat, serta berbagai pihak terkait.

"Adanya forum ini berbagai isu bisa dikupas agar para jurnalis mendapat wawasan terkait isu yang akan diliput," ujarnya.

Tidak hanya masalah politik, AJI sebagai salah satu bagian dari pilar demokrasi berikhtiar untuk membentuk sebuah forum diskusi yang melibatkan banyak pihak.

"Jadi setiap ada persoalan yang sedang hangat bisa kita diskusikan dengan seluruh elemen masyarakat. Ini juga bisa sebagai ajang pembelajaran baik bagi jurnalis maupun masyarakat secara umum," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan forum diskusi tersebut rencananya dilakukan secara rutin pada setiap bulannya.

Sementara itu, Sekretaris AJI Kota Jambi, Fachrul Rozi mengatakan, dalam acara tersebut, bukan untuk saling mencaci maki, apalagi mendiskreditkan figur tertentu.

"Akan tetapi lebih kepada upaya dengan semangat untuk perbaikan. Sebab, dengan berkumpulnya semua pihak terkait dan berkompeten kita mengharapkan terwujudnya sebuah jawaban dan solusi yang dapat direalisasikan," ujarnya.

Menurut dia, dengan berkumpulnya banyak pihak, semua masalah dapat dikonfrontir langsung kepada pihak yang bersangkutan, tanpa harus menunggu jalur birokrasi tertentu.

"Ajang ini juga sekaligus memberikan pendidikan dan informasi kepada masyarakat luas bahwa Kota Jambi, bahkan negeri ini adalah milik kita bersama. Jadi, untuk perbaikan dan kemajuannya dibutuhkan kontribusi kita semua, sekecil apapun itu," tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, forum tersebut merupakan yang pertamakalinya dilakukan dengan mengusung tema "Wali Kota Versi Rakyat".

"Tema ini dipilih untuk menyongsong pemilihan Wali kota Jambi 2013 mendatang. Kami ingin mengetahui sejauh mana dan apa saja yang harus dilakukan agar Kota Jambi ini lebih maju kedepan," tambahnya.(T.KR-BS)  

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012