Jambi (ANTARA Jambi) - Rektor Universitas Negeri Jambi, Aulia Tasman mulai menyosialisasikan rencana pendirian universitas pertama di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi.

"Universitas di Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) ini nantinya merupakan bagian dari Universitas Negeri Jambi. Kepastian akan pembangunannya kami akan berkoordinasi dengan Pemkab Tanjabtim," ujarnya di Muarasabak, ibu kota Kabupaten Tanjabtim, Rabu.

Menurut dia, jurusan yang akan dibuka meliputi jenjang D III Ekonomi jurusan Akuntansi Pemasaran dan Perpajakan. Kemudian D III Kimia jurusan Analisis Kimia dan Kimia Industri.

Lebih lanjut ia mengatakan, pendirian universitas pertama di Tanjabtim itu bertujuan untuk lebih mempermudah akses pendidikan di daerah paling timur Provinsi Jambi itu.

"Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) putra daerah Tanjabtim, apa lagi Tanjabtim merupakan salah satu daerah industri di Jambi yang otomatis dengan adanya jurusan yang ada ini anak anak Tanjabtim nantinya tidak lagi menjadi tamu di daerah sendiri, tetapi bisa menjadi tenaga kerja yang berpotensi dan bisa kerja di daerah sendiri," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim, Feri Marjoni mengatakan, lokasi pendirian Universitas Negeri Jambi di Tanjabtim rencananya akan menggunakan bangunan gedung SMP unggul Tanjabtim yang selama ini belum digunakan.

"Lokasinya tidak jauh dari rumah dinas Bupati Tanjabtim. Sebelum proses resmi dibuka, kami akan terlebih dahulu melengkapi seluruh fasilitas yang ada. Mudah mudahan tahun depan sudah bisa dimulai proses pendaftarannya. Untuk itu, kami mengundang seluruh kepala SMA sederajat di Tanjabtim agar bisa memberikan informasi kepada anak didiknya akan kabar baik ini," ujarnya.

Menurut dia, pendirian Universitas Negeri Jambi di Tanjabtim seiring dengan rencana Pemkab Tanjabtim untuk terus meningkatkan dunia pendidikan di daerah itu.

Selama ini, kata dia, proses pendidikan di tingkat universitas lebih banyak terpusat di ibu kota provinsi yakni di Kota Jambi.

Dengan adanya universitas di daerah tentunya akan lebih mempermudah akses pendidikan dan memancing semangat siswa di daerah untuk melanjutkan karir pendidikannya.

Kabupaten Tanjabtim merupakan satu dari dua kabupaten yang mulai membuka cabang Universitas Negeri Jambi di Provinsi Jambi. Sebelumnya, Universitas Negeri Jambi telah membuka cabang di Kabupaten Sarolangun.(T.KR-BS)




Pewarta:

Editor : Nurul


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012