Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, pada tahun ini kembali menganggarkan bantuan ratusan kapal bagi nelayan setempat senilai kurang lebih Rp22 miliar.

Sesuai program bupati, bantuan kapal nelayan ini akan dialokasikan secara bertahap setiap tahun, kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Ahmad Riadi Pane di Muarasabak, ibu kota Kabupaten Tanjabtim, Sabtu.

Berdasarkan rencana program yang ada, pada tahun ini sekurang-kurangnya akan ada 550 unit kapal yang akan disalurkan kepada nelayan setempat.

"Anggarannya diperkirakan mencapai Rp22 miliar, namun masih akan ada rasionalisasi anggaran ke depan," katanya.

Program bantuan kapal berikut alat tangkapnya dimulai sejak 2011. Program tersebut salah satu fokus utama Pemkab Tanjabtim dalam upaya meningkatkan taraf hidup nelayan setempat.

Bantuan kapal nelayan tersebut nantinya terdiri dari dua jenis, yakni kapal berkekuatan satu dan tiga gross ton (GT).

Agar program tersebut berjalan lancar, DKP Tanjabtim juga sudah mulai melakukan pendataan termasuk bekerja sama dengan rekanan yang benar-benar berkompeten dalam usaha pengadaan kapal.

"Kami lebih selektif dalam mencari rekanan, mengingat ada beberapa kejadian pada 2011, kapal yang ada tidak sesuai spesifikasi," jelasnya.

Upaya peningkatan kesejahteraan nelayan di Tanjabtim menjadi salah satu program utama pemerintah setempat, mengingat 50 persen penduduk miskin di Tanjabtim adalah nelayan.

Program bantuan kapal tersebut ditargetkan bisa menjaring sekitar enam ribu nelayan di Tanjabtim hingga 2016.
(T.KR-BS)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012