Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, melalui Dinas Peternakan setempat menyiapkan sedikitnya 388 hewan kurban menghadapi hari raya Idul Adha 2012.

Kepala Dinas Peternakan Tanjabtim Radjito saat dihubungi di Muarasabak, ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Senin mengatakan, selain pemeriksaan hewan kurban, satu minggu sebelum Idul Adha, pihaknya juga akan melakukan cek kesehatan hewan kurban.

Sebelum dipotong, seluruh hewan kurban terlebih dahulu akan dicek oleh tim kesehatan untuk memastikan calon hewan kurban benar-benar sehat dan aman apabila dikonsumsi. Di Kabupaten Tanjabtim sedikitnya ada 25 petugas kesehatan dan dua dokter hewan.

Dari total 388 hewan kurban yang disiapkan itu, terdiri dari 277 ekor sapi, empat ekor kerbau dan 107 ekor kambing.

Selain stok yang disiapkan, apabila terjadi kekurangan, masih ada juga stok yang ada pada pedagang yang jumlahnya diperkirakan 364 sapi dan 138 ekor kambing.

Terkait harga, Radjito menyebutkan, untuk harga satu ekor sapi dengan bobot daging 80-90 kilogram dijual antara Rp8-9 juta. Sedangkan untuk harga kambing masuk pada kisaran Rp1,5juta-Rp2 juta dan untuk harga kerbau per ekor mencapai Rp15 juta.

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012