Jambi (ANTARA Jambi) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Provinsi Jambi mengingatkan nelayan mewaspadai gelombang tinggi di pantaia timur Jambi yang diperkirakan terjadi antara Desember 2012 hingga Februari 2013.

"Tinggi gelombang diperkirakan bisa mencapai tiga meter karena tiupan angin yang kencang pada bulan-bulan itu," ujar prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi, Kurnianingsih di Jambi, Jumat.

Hingga akhir November 2012 ini titik terjangan dan gelombang laut di pantai timur Jambi masih pada kondisi normal dengan ketinggian gelombang antara 0,5 meter sampai 1,3 meter.

Pada kondisi itu, nelayan masih bisa melaut seperti biasa. Hanya saja, memasuki Desember hingga awal 2013 nelayan lebih berhati-hati karena kecepatan angin diperkirakan bertambah sehingga membuat gelombang laut meningkat.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, BMKG Jambi selalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jambi.

"Jika terjadi cuaca ekstrem termasuk curah hujan yang tinggi dan berakibat banjir akan langsung kami informasikan kepada BPBD untuk selanjutnya diteruskan ke tiap daerah," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Jambi Zubaidi AR mengatakan, koordinasi dengan BMKG sangat penting guna memperoleh informasi yang cepat atas perkiraan dan kondisi cuaca.

"Apalagi saat ini Jambi sudah memasuki musim penghujan dimana beberapa daerah sudah terjadi banjir. Meski belum berbahaya, namun penting bagi kami memantau secara rutin," ujarnya.

Selama dua pekan terakhir, banjir sudah melanda empat daerah yaitu Kabupaten Bungo, Batanghari, Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012