Jambi (ANTARA Jambi) - Tembakau produksi Kabupaten Kerinci, Jambi, mulai diminati perusahaan-perusahaan produsen rokok nasional di Jawa karena kualitasnya dinilai berkualitas tinggi.

"Tembakau produksi Kerinci diakui dan dipuji sejumlah perusahaan rokok nasional, salah satunya produsen rokok di Temanggung Jawa Tengah," kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kerinci Evi Rasmianto di Jambi, Sabtu.

Hal tersebut membuktikan daerah Kerinci yang subur tidak hanya cocok untuk pengembangan berbagai tanaman komoditas eskpor  seperti teh, kopi, tebu, casiavera (kayu manis) tapi juga sangat potensial untuk pengembangan tanaman tembakau.

Saat ini, katanya, Pemkab Kerinci terus mengupayakan pengembangan jenis tanaman ini di beberapa sentra pertanian masyarakat, salah satunya di kawasan perladangan Renah Pemetik dan Perikan Tengah Kecamatan Siulak.

"Kita tengah mengembangkan kawasan Renah Pemetik untuk dijadikan kawasan pengembangan lahan tembakau dengan akan diadakannya ekstensifikasi atau perluasan lahan tanam," ujarnya.

Bahkan Pemkab sudah menambah anggaran untuk usaha dan upaya perluasan peningkatan produksi perkebunan tembakau tersebut.

Dishutbun akan melakukan pembinaan kepada petani tembakau agar tercipta SDM berkualitas sehingga dihasilkan tembakau yang juga berkualitas, termasuk penyediaan sarana prasarananya.

Pihaknya juga membantu petani dengan penyediaan tiga unit kendaraan angkutan roda tiga untuk kelompok tani yang sumber dananya dari APBD Provinsi Jambi 2012.

"Selain itu, kia juga akan mendorong segera terbentuknya asosiasi tembakau di Kabupaten Kerinci," kata Evi.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012