Balikpapan (ANTARA Jambi) - "Rembug Olahraga Nasional" yang berakhir di Balikpapan, Minggu, sepakat untuk memperkuat fungsi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di masa mendatang, termasuk menjadikan KONI sebagai lembaga yang bisa mendapatkan anggaran secara independen dari pemerintah pusat.

"Kita berharap agar KONI Pusat bisa menjadi lembaga pemerintah lainnya seperti KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) yang diberi kewenangan untuk mengatur anggaran sendiri," kata Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman pada penutupan Rembug Olahraga Nasional yang diikuti perwakilan KONI Daerah, KONI kabupaten/kota dan induk organisasi itu.

Rembug olahraga nasional itu digelar sekaligus untuk memperingati hari jadi ke-46 KONI Pusat dan juga menampilkan narasumber dari tujuh kementerian dan badan terbaik di bidang olahraga nasional, yaitu Kemenpora, Kemendagri, Kemenkeu, Kemendikbud, Kemen BUMN dan Bappenas.

Dalam acara dua hari yang diikuti hampir 1.000 peserta dari seluruh Tanah Air itu, mengemuka keprihatinan terhadap kondisi KONI Pusat yang perannya semakin berkurang menyusul diberlakukannya Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) sejak 2005.

Dalam statusnya sebagai sebuah lembaga non-pemerintah, anggaran KONI Pusat dikucurkan melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sehingga tidak bisa secara leluasa mengelola anggaran.

"Rembug Olahraga Nasional ini tidak pernah digelar sebelumnya dan kita sepakat untuk memperkuat peran KONI dengan melakukan sinergi yang lebih intensif dan berkesinambungan dengan KONI Daerah serta induk organisasi olahraga," kata Tono Suratman kepada wartawan usai penutupan acara.

Dalam rembug tersebut, para peserta setuju agar Undang-Undang SKN No.3 tahun 2005 direvisi karena ternyata terdapat banyak kendala saat diimplementasikan dan terjadi tumpah tindih kewenangan, serta ketidakjelasan dalam aspek penganggaran.

Salah satu hal yang ingin direvisi adalah mengembalikan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di bawah KONI seperti sebelumnya dengan ketua umum yang merangkap sebagai Ketua KONI dan KOI.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012