Jambi (ANTARA Jambi) - Bupati Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Zumi Zola Jumat mengatakan pemerintah daerah setempat akan menganggarkan dana untuk perbaikan jalan dari Muara Sabak - Rantau Rasau - Nipah Panjang sepanjang 15 kilometer.

"Kami sudah usulkan dalam APBD 2013 dana untuk perbaikan jalan sepanjang 15 kilometer dari Muara Sabak-Rantau Rasau," katanya.

Jalan tersebut sebenarnya merupakan jalan provinsi, namun hingga saat ini pemerintah provinsi baru menganggarkan perbaikan jalan sepanjang empat kilometer, padahal jalan tersebut memiliki panjang puluhan kilometer.

"Pemkab Tanjabtim telah beberapa kali menyampaikan permintaan perbaikan jalan tersebut ke Pemprov Jambi. Namun, pada tahun 2013 ini Pemprov hanya menganggarkan perbaikan jalan itu sepanjang empat kilometer," katanya.

Bupati mengatakan,  jalan tersebut harus segera diperbaiki, sebab jalan tersebut merupakan urat nadi perekonomian bagi masyarakat di empat kecamatan di sana.

"Ada empat kecamatan yang potensial sebagai daerah penghasil sayuran dan komoditas lain, yang meliputi Rantau Rasau, Berbak dan Nipah Panjang," katanya.

Warga Lambur dan Rantau Rasau meminta pemerintah daerah memperbaiki infrastruktur, khususnya jalan di daerah mereka setelah Jembatan Muarasabak selesai.

"Kami berharap perbaikan jalan di daerah seberang ini segera dilakukan sebab Jembatan Muarasabak telah selesai dibangun," katanya.

Jika jembatan selesai dan telah digunakan seperti saat ini, sementara jalan di daerah ini belum diperbaiki, maka kondisi jalan yang rusak akan semakin hancur akibat tingginya arus kendaraan yang masuk kemari," kata Pariman, warga Lambur 1, Tanjung Jabung Timur.

Ia mengakui terbukanya akses dari dan ke wilayah mereka akan meningkatkan perekonomian warga, namun jika infrastruktur tidak didukung dengan baik, justru perekonomian warga akan terancam.

Dua wilayah di antara muara sungai yang membelah Kabupaten Tanjung Jabung Timur saat ini kondisinya masih timpang. Di satu sisi, di ibukota Muarasabak, infrastruktur jalan sangat baik dan mulus. Sementara di sisi lainya, di seberang kondisi jalan masih sangat memprihatinkan. Jalan nyaris rusak, dan dipenuhi lubang yang mencapai puluhan kilometer hingga ke Kecamatan Nipah Panjang.

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, mengatakan bahwa jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Muaro Jambi dengan Tanjung Jabung Timur di Kecamatan Suak Kandis dengan Sabak Timur telah dianggarkan dan sedang dikerjakan oleh pemerintah.

Kawasan Suak Kandis, Rantau Rasau di Sabak Timur dan Nipah Panjang merupakan wilayah penghasil sayur mayur yang potensial, namun selama ini akses perdagangan terhambat karena infrastruktur yang tidak baik.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012