Jambi (ANTARA Jambi) - Para nelayan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, akan mendapat bantuan dana sebesar Rp1 miliar dan dua unit kapal Inka Mina 30 gross ton dari pemerintah pusat.

"Penyerahan bantuan kapal Inka Mina dan dana ini rencananya dilaksanakan Kamis (17/1) di Tanjung Jabung Timur," kata
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Ahmad Riadi Pane, Rabu.     .

Menurut dia, bantuan yang disalurkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pendapatan dan tangkapan nelayan.

"Bantuan akan disalurkan melalui kelompok-kelompok nelayan yang telah mengajukan proposal usulan bantuan dan telah diverifikasi serta diteliti oleh pemerintah," katanya.

Bantuan dua unit kapal ini akan diserahkan kepada dua Kelompok Usaha Bersama (KUB) yakni KUB Kecamatan Nipah Panjang dan KUB Kecamatan Sadu.

Sementara, bantuan dana Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) Perikanan Tangkap akan diserahkan kepada 18 KUB sebesar Rp1 miliar. Masing-masing mendapatkan bantuan sebanyak Rp100 juta.

Pemerintah juga menyalurkan bantuan PUMP Pengolahan Hasil Perikanan bagi tiga KUB masing-masing sebesar Rp50 juta.

"Bantuan PUMP Perikanan Tangkap dan PUMP Pengolahan Hasil Perikanan ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat, baik dalam mengembangkan tangkapan ikan maupun dalam pengolahan hasil tangkap," katanya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013