Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Batanghari, Jambi, sangat mengharapkan bantuan pusat untuk bermacam alat pertanian, seperti traktor tangan dan peralatan lainnya untuk menggarap lahan pertanian yang terbengkalai.

Alat-alat pertanian tersebut nantinya akan diberikan kepada kelompok petani, kata Kepala Bagian Ekonomi Setda Batanghari Hendri Jumiral, Minggu.

Di Kabupaten Batanghari banyak lahan pertanian yang terbengkalai, karena untuk mengelola dan menggarap lahan tersebut, kelompok tani hingga kini masih kekurangan alat pertanian.

"Kita mengharap kepada pusat untuk membantu alat mesin pertanian untuk digunakan kelompok petani guna menggarap lahan, sehingga mampu meningkatkan produksi para petani di Kabupaten Batanghari," katanya.

Selama ini banyak petani di Batanghari yang menggarap sawah atau lahan pertanian dengan menggunakan kerbau atau sapi, namun secara perlahan cara itu mulai menghilang.

Hendri menjelaskan, dengan adanya alat untuk menggarap lahan pertanian, justru dapat meningkatkan hasil usaha petani sekaligus akan mendorong peningkatan ekonomi bagi para petani.

"Yang di butuhkan petani kita sekarang adalah alat untuk menggarap lahan, disamping bantuan benih tanaman dan lainnya," ujarnya.

Sementara itu, upaya Pemkab Batanghari dalam memberikan perhatian terhadap pengembangan pertanian di delapan kecamatan terus dilakukan. Seperti program bantuan subsidi benih bagi para petani, hal tersebut sesuai kebijakan pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pertanian Batanghari Hayatul Islami mengungkapkan, areal persawahan di Batanghari sebenarnya cukup luas, namun Batanghari belum bisa mencapai target swasembada beras.

Produksi beras Batanghari tercatat masih kurang 23 ribu ton pertahun untuk mencapai target.

"Target berswasembada beras akan mampu dicapai dalam dua tahun ke depan. Apalagi, saat ini program pencetakan sawah rutin digalakkan melalui dana APBN. Dana pemerintah pusat itu telah terasa di Batanghari dengan bertambahnya sawah baru seluas 300 hektare," tambahnya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013