Jambi (ANTARA Jambi) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi M Zubaidi AR  mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan dana sebesar Rp75 juta untuk membantu para korban bencana banjir di Kabupaten Kerinci yang terjadi Senin (28/1).

"Dana tersebut tersebut sudah ditransfer melalui rekening BPBD Kerinci Dana tersebut akan didistribusikan langsung oleh pihak BPBD Kerinci kepada para korban di sana," katanya di Jambi, Selasa.

Kepala BPBD Kabupaten Kerinci Daripus mengakui sudah menerima dana tersebut dan sudah masuk ke rekening BPBD Kerinci.

Dana bantuan tersebut akan diberikan langsung kepada para korban guna memenuhi kebutuhan mereka di lapangan.

Puluhan rumah di tiga desa di Kabupaten Kerinci, pada Senin (28/1), digenangi air, akibat meluapnya air sungai di daerah tersebut.

Tiga desa yang terendam banjir tersebut yakni Desa Koto Dian Pulau Tengah, Desa Talang Kemuning, dan Desa Lempur Tengah.

Menurut Kasi Penanganan Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci, Muslim, bencana terjadi karena air sungai di tiga daerah tersebut meluap.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun di daerah Talang Kemuning, ada beberapa ekor ternak warga yang mati akibat banjir tersebut.

Banjir di Jambi terjadi sejak pertengahan Desember 2012 hingga Januari 2013 ini. Sembilan dari 10 kabupaten dan kota di Jambi terendam akibat luapan anak Sungai Batanghari. Banjir ini diperkirakan merupakan kejadian yang terus berulang dalam siklus 10 tahunan atau lebih di Jambi.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013