Jambi (ANTARA Jambi) - Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari, Jambi, Drs Ali Redho menyatakan Pemkab Batanghari telah menganggarkan belanja tambahan tahun 2013 pada APBD yang nilainya mencapai Rp1,033 triliun.

Ketika memberikan keterangan di Batanghari, Selasa, Sekda menjelaskan, dari anggaran itu, belanja terbesar masih dipegang oleh dua satuan kerja perangkat daerah (SKPD), yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PdK) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Khusus untuk dinas PdK dana tersebut digunakan untuk gaji dan
operasional lainnya. Sedangkan untuk Dinas PU dipergunakan untuk rehabilitasi jalan dan pembangunan jalan.

Kemungkinan besar APBD Perubahan itu akan bertambah, karena masih ada tambahan dana belanja dari instansi lain, dana tersebut masih merupakan dana yang akan dipersiapkan, katanya.

Kepala Sub Bidang Keuangan, M Azan, mengungkapkan, terkait pernyataan Sekda menjelaskan bahwa kedua SKPD tersebut memang paling besar belanjanya, terutama Dinas PdK yang tercatat paling besar dalam menggunakan APBD.

Untuk Dinas PU, anggaran itu digunakan untuk perbaikan jalan dan bangunan serta pembangunan jalan.

Sedangkan pada Dinas PdK itu sendiri ada pembayaran gaji dan dana sertifikasi. Untuk pembayaran tunjangan dana sertifikasi saja selama satu tahun mencapai Rp38 miliar.

"Di Kabupaten Batanghari sendiri guru yang berhak menerima dana sertifikasi sebanyak 1.027 orang. Jumlah itu termasuk dengan
pengawas yang juga telah lulus sertifikasi," tambahnya.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013