Jakarta (ANTARA Jambi) - Sebanyak 33 Divisi Pemasyarakatan (PAS) akan mengikuti Pameran Karya Napi Indonesia yang diadakan Kementerian Perindustrian (Kemperin) bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) pada 16 hingga 19 April mendatang.

Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM Akbar Hadi Prabowo, di Jakarta, Jumat, mengatakan 33 Divisi PAS ikut berpartisipasi memamerkan hasil karyanya di Lobi Plaza Industri Kementerian Perindustrian.

Menurut dia, pameran tidak hanya menampilkan hasil karya warga binaan tetapi juga diisi dengan seminar, pentas seni, gelar produk, dan demo produk kerajinan dari narapidana.

Untuk memeriahkan pembukaan pameran produk unggulan lembaga pemasyarakatan (lapas) tersebut rencananya akan ada fashion show dari warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (rutan) Pondok Bambu dan Lapas Bogor.

Kegiatan yang menampilkan produk unggulan Lapas tersebut merupakan bagian dari perayaan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-49 yang jatuh pada tanggal 27 April 2013.

Sebelumnya karya para warga binaan ini juga baru dipamerkan pada ajang Fesyen dan Aksesoris Expo 2013 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM)  pada 3 hingga 7 April 2013, di gedung SME Tower, Jakarta.

Bersama dengan 159 pelaku UKM hasil karya napi berupa  barang-barang terpilih yang telah masuk seleksi dan kategori fesyen and aksesoris dari 44 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan ikut dipamerkan.

Beberapa produk Lapas mau pun rutan sudah pernah diekspor antara lain celana pendek dari Lapas Cipinang ke Nigeria, bola sepak dari Lapas Malang ke Timur Tengah, bola sepak dari Lapas Lowokwaru, hingga mebel dari Lapas Porong ke Jepang.(Ant)

Pewarta: Virna P Setyorini

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013