Jambi (ANTARA Jambi) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PdK) Kabupaten Batanghari, Jambi, Drs Hadramin Nida mengatakan, sebanyak 343 kotak berisi soal ujian nasional untuk tingkat SMA di daerah itu segera didistribusikan.

Pada tahap pertama, soal ujian nasional (UN) akan diamankan atau disimpan terlebih dahulu di Polsek di masing-masing kecamatan dan ditandai dengan pemasangan stiker dan segel oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, katanya ketika dihubungi, Jumat.

"Ratusan kotak soal UN untuk SMA tersebut terdiri dari soal IPA, IPS dan Bahasa. Hari ini segera kita distribusikan ke Polsek seluruh kecamatan," ujarnya.

Ia mengatakan, belajar dari pengalaman sebelumnya, pendistribusian pada tahun ini lebih baik kemasannya dari tahun lalu, dan soal yang didistribusikan ini dikawal ketat oleh kepolisian serta tim independen dari Universitas Jambi (Unja).

Jika soal ini sudah diamankan di Polsek, pada hari dimulainya UN akan diambil langsung oleh semua kepala sekolah masing-masing.

UN tingkat SMA sederajat akan dilaksanakan pada 15 April, ada 12 sekolah di Batanghari yang akan melaksanakan UN dengan jumlah siswa peserta sebanyak 1.714 orang.

Pantauan di lapangan, banyak sekolah yang merasa cemas dengan pelaksanaan UN tahun ini, sebab soal UN berbeda dengan tahun sebelumnya, UN kali ini terdiri dari 20 paket soal, sementara sebelumnya hanya lima paket.

Selain itu, metode UN juga berbeda dengan sebelumnya yang menggunakan barcode dan aturan semakin ketat, meski pihak panitia telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. (Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013