Jambi (ANTARA Jambi) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi menyatakan empat pasangan kandidat pemilihan Wali Kota Jambi 2013 telah memenuhi syarat yang ditentukan.

"Ini dinyatakan setelah kami melakukan rapat pleno KPU Kota Jambi, hari ini," ujar Ketua KPU Kota Jambi Ratna Dewi kepada wartawan di Jambi, Selasa.

Menurut dia, berdasarkan pleno tersebut, KPU Kota Jambi sudah memutuskan tidak ada permasalahan administrasi bagi keempat pasangan kandidat yang sudah mendaftar.

"Begitu juga dari hasil tes kesehatan juga tidak ada masalah," katanya.

Usai penetapan persyaratan administrasi itu, KPU Kota Jambi pada 18 Mei 2013 akan melaksanakan penetapan secara resmi pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang akan ikut pada Pilkada Kota Jambi 2013, sekaligus pencabutan nomor urut.

Ratna mengatakan, sebelum memutuskan keempat pasangan kandidat, KPU Kota Jambi sebelumnya sudah melakukan verifikasi persyaratan. Salah satunya melakukan verifikasi ijazah kandidat yang dinyatakan juga tidak ada masalah.

Berdasarkan data KPU Kota Jambi, keempat pasangan kandidat yang memenuhi syarat yaitu pasangan M. Sum Indra yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Jambi berpasangan dengan M. Maulana diusung oleh PAN, PBR, PKPB, PBB, dan PDK.

Kedua, pasangan Sy Fasha-Abdullah Sani diusung Partai Golkar, PDIP, Gerindra, PPP, dan PDP.

Ketiga, pasangan Efendi Hatta yang sebelumnya menjabat sebagai ketua DPRD Provinsi Jambi berpasangan dengan Asnawi AB diusung Partai Demokrat dan Partai Hanura.

Pasangan terakhir adalah Bambang Priyanto yang saat ini menjabat sebagai Walikota Jambi berpasangan dengan Yeri Muthalib diusung oleh PKS, PPI dan PKB. Pelaksanaan pemilihan Wali Kota Jambi dijadwalkan pada Juni 2013.(Ant)

Pewarta: Bangun Santoso

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013